Cara Artis Dunia Hadapi Postpartum Depression

Aktris Hayden Panettiere. (Best Eye Candy)

Oleh: Indah Handayani / FER | Sabtu, 7 Januari 2017 | 12:18 WIB

Jakarta - Postpartum Depression atau depresi pascamelahirkan, merupakan depresi yang dialami oleh seorang ibu setelah melahirkan. Gangguan ini, sempat dialami oleh beberapa artis dunia pasca melahirkan anak mereka.

Mereka kemudian buka suara mengenai depresi yang dialami demi berbagi dan meningkatkan kesadaran para ibu lainnya akan depresi pascamelahirkan.

Aktris dan penyanyi Amerika, Hayden Panettiere, merupakan salah satu nama yang paling berpengaruh, saat dirinya memutuskan untuk meningkatkan kesadaran mengenai depresi pascamelahirkan.

Panettiere menceritakan tentang perjuangannya menghadapi gangguan emosional paska melahirkan putrinya yang kini berusia 2 tahun, Kaya. Anak tersebut merupakan buah cintanya dengan petinju, Wladimir Klitschko.

Pannettiere menjelaskan, dirinya merasa seperti direnggut sementara dan selalu merasa hampa, hingga tidak merasa seperti diri sendiri.

"Perempuan sangat tangguh, dan itu hal yang luar biasa tentang mereka. Saya pikir saya semakin kuat untuk itu. Saya adalah ibu yang lebih baik karena hubungan itu sanatlah tulus," ungkapnya dikutip dari BBC.

Kini, Panettiere mengaku perasaanya luar biasa. Lebih dari itu, dirinya bertekad membantu ibu-ibu lainnya yang mengalami gangguan atau masalah yang sama.

Gejala depresi pascamelahirkan yang bermunculan juga bervariasi. Gejala depresi tersebut paling sering dialami diantaranya rasa takut, sedih, mudah tersinggung, sering menangis, nyeri kepala, perasaan tidak mampu dalam mengurus bayi dan lain-lain.

Selain Pannettiere, terdapat sejumlah artis dunia lainnya yang mengalami depresi pascamelahirkan tersebut. Mereka adalah Gwyneth Paltrow yang mengalami gangguan tersebut setelah melahirkan anak lelakinya, Moses.

Pada 2011, Gwyneth mengaku seperti zombie yang tidak mempunyai perasaan dan selalu merasa hancur. Menurutnya, hal itu sangat berbeda dengan yang dialaminya saat melahirkan anak pertamanya, Apple. Ada pula Bryce Dallas Howard pemain dalam film Black Mirror saat melahirkan putranya, Theo.

Aktris Brooke Shields bahkan menuliskan pengalamanya dalam menghadapi depresi pascamelahirkan dalam sebuah buku berjudul Down Came the Rain: My Journey With Postpartum Depression yang diterbitkan pada tahun 2006.

Hal sama juga dilakukan Drew Barrymore, aktris ini mendedikasikan sebuah bab dalam bukunya berjudul Wildflower. Bab tersebut menceritakan perjuangannya menghadapi postpartum depression.

Sementara itu, Courteney Cox bintang televisi situasi komedi Friends pada 2005 mengaku sempat merasakan gangguan tersebut pada saat anaknya berusia 6 bulan.

Sedangkan Celine Dion pada 2011 mengaku bertarung menghadapi gangguan itu saat melahirkan anak kembarnya pada 2010. Hal yang sama juga dialami penyanyi Adele yang mengaku mengalami depresi postpartum pada Desember 2016.




Sumber: E! Online, BBC
ARTIKEL TERKAIT