Dana Talangan BPJS Kesehatan, Sri Mulyani: Rp 3 T Sudah Dicairkan

Dana Talangan BPJS Kesehatan, Sri Mulyani: Rp 3 T Sudah Dicairkan
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan optimisme atas penerimaan negara tahun ini. ( Foto: Beritasatu TV )
Winda Ayu Larasati / WIN Kamis, 6 Desember 2018 | 09:52 WIB

Jakarta-Pemerintah kembali mencairkan dana talangan ke BPJS Kesehatan sebesar Rp 5,2 triliun rupiah. Rp 3 triliun sudah dicairkan, sementara Rp 2,2 triliun lainnya akan dicairkan pada Januari 2019 mendatang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan telah meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengevaluasi sistem manajemen BPJS Kesehatan dan 2.400 rumah sakit di seluruh Indonesia selama dua bulan ke depan.

"Kita sudah mencairkan Rp 5,2 triliun. Rp 3 trilliun sudah dicairkan kemarin (4/12). Pencairan Rp 2,2 triliun kita akan lakukan dalam beberapa minggu kemudian, sambil kita tetap minta BPKP melakukan persiapan. Kita berikan waktu sampai dua bulan kepada BPKP mengevaluasi keseluruhan," kata Sri Mulyani di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/12).

Audit itu terkait kondisi sistem BPJS Kesehatan yang digunakan saat ini maupun terkait sistem penagihan iuran BPJS. Sri berharap, evaluasi BPKP dapat memperbaiki anggaran di BPJS yang selama ini terus mengalami defisit.

"Sebagian nanti untuk tagihan Desember 2018 kita akan evaluasi di di Januari 2019, karena seperti tahun lalu, biasanya ada yang setiap bulan tagihannya baru muncul bulan ke depannya. Jadi kita tunggu sampai Desember 2018 selesai dan kita lihat pada bulan Januari 2019." tutupnya.



Sumber: BeritaSatu TV
CLOSE