Logo Siloam Hospitals.
Askes tetap memberlakukan rujukan berjenjang

Peserta PT Asuransi Kesehatan (Askes) dapat menikmati layanan yang disediakan Rumah Sakit MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta.

Kerja sama telah ditandatangani antara MRCCC Siloam Semanggi dengan PT Askes Kantor Cabang Utama (KCU) Jakarta Selatan.

Perjanjian itu untuk mengakomodasi keinginan peserta Askes, mendapatkan pelayanan lebih yang disediakan MRCCC Siloam Semanggi.

Direktur Operasional MRCCC Siloam Hospitals, Mellisa Luwiya, menjelaskan, penandatanganan kerja sama tersebut telah dilakukan pada minggu lalu.

Dengan kerja sama tersebut, MRCCC Siloam merupakan rumah sakit kedua dari Siloam Group, yang menandatangani perjanjian dengan Askes.

Sebelumnya, Siloam Lippo Village telah melakukan hal serupa.

Dia berharap kerja sama tersebut dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, terutama para peserta Askes.

“Terlebih selama ini banyak pasien yang menanyakan apakah MRCCC Siloam bisa menerima peserta Askes. Nantinya akan ada lanjutan kerja sama antara Askes dengan rumah sakit Siloam lainnya. Salah satunya adalah Siloam Kebon Jeruk,” ungkap Mellisa, di Jakarta, baru-baru ini.

Kepala PT Askes KCU Jakarta Selatan, H Handaryo, menjelaskan kerja sama tersebut, merupakan bentuk komitmen Askes untuk memberikan layanan sebaik mungkin, bagi sebagian peserta yang ingin mendapatkan pelayanan di MRCCC Siloam.

Sebab, sebelumnya banyak peserta Askes yang tidak terakomodasi dan melakukan klaim ke Askes.

Dengan kerja sama tersebut pemegang Askes mendapatkan beberapa keuntungan seperti tidak hilangnya hak-hak sebagai pemegang Askes.

“Serta kemudahan dalam urusan administrasi. Sebab, pihak MRCCC Siloam akan langsung menagihkan biaya tersebut kepada Askes,” ujar Handaryo.

Handaryo menjelaskan untuk mendapatkan fasilitas tersebut di MRCCC Siloam, Askes tetap memberlakukan sistem rujukan berjenjang.

Ia menjelaskan sitem tersebut adalah dengan mendapatkan layanan primer di Puskesmas atau dokter keluarga.

Ditegaskan bahwa hal yang sama diberlakukan kepada peserta Askes yang mendapatkan pelayanan di rumah sakit pemerintah. “Kami tidak membedakan hal tersebut,” ucap dia.

Namun demikian, Handaryo menegaskan dalam kerjasama tersebut Askes, hanya akan memberikan tarif yang sesuai dengan fasilitas kepesertaan.

Alhasil, lanjut dia, para peserta masih melakuan iuran biaya yang harus dibayarkan.

Mengingat MRCCC Siloam merupakan rumah sakit kelas menengah keatas sehingga selisih yang cukup besar, antara tarif pelayanan dengan fasilitas kepesertaan.

Walau demikian, ia menegaskan para peserta Askes akan mendapatkan keringanan untuk beberapa pelayanan.

“Sebab, Kami telah mendapatkan komitmen potongan harga (diskon) dari pihak manajemen MRCCC Siloam untuk beberapa pelayanan. Diskon tersebut sangat beragam untuk masing-masing pelayanan,” ujar Handaryo.

Mellisa menjelaskan, dalam perjanjian kerja sama tersebut, peserta Askes akan mendapat potongan harga yang sangat bervariasi mulai dari 20-50 persen dari harga ritel yang akan ditagihkan ke Askes.

“Bahkan ada beberapa pelayanan yang mendapatkan diskon hingga 50 persen. Hal tersebut tentu saja akan membuat pasien lebih berhemat dalam pembayaran selisih biaya,” ucap Mellisa.

Penulis: