SW Rehabilitation bekerjasama dengan Siloam Hospitals Kebon Jeruk membuka pelayanan rehabilitasi dan fisiotherapy yang komprehensif dan berstandar internasional. Sumber: Siloam Hospitals.
Menggandeng SW Rehabilitation, Siloam Hospitals Kebon Jeruk kini memiliki pelayanan rehabilitasi dan fisiotherapy yang komprehensif dan berstandar internasional.

Rabu (17/10) lalu, SW Rehabilitation yang bekerjasama dengan Siloam Hospitals Kebon Jeruk menggelar grand opening unit rehabilitasi medik di rumah sakit tersebut.

SW Rehabilitation adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Fisiotherapy dan rehabilitasi yang mengusung metode pengobatan dan tatalaksana fisiotherapy terbaru dengan mengadaptasi sistem fisiotherapy yang berkembang di Korea.

Sinergi positif kedua pihak tersebut dapat menciptakan pelayanan rehabilitasi dan fisiotherapy yang komprehensif dan berstandar internasional bagi pasien yang memerlukan tindakan rehabilitasi dan fisiotherapy.

Pelayanan Rehabilitasi Medis ini merupakan pelayanan komprehensif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dengan mengurangi keterbatasan atau gangguan fungsi yang ada. Gangguan yang terjadi dapat disebabkan oleh berbagai penyakit, proses degeneratif, trauma, dan lain-lain.

Melalui kerja sama SW Rehabilitasi center dan Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, maka pelayanaan yang disediakan pun semakin komprehensif, dengan mengadaptasi sistem dari Korea.

Konsep baru dengan Active Functional Training Treatment memberikan terapi yang efektif dan efisien. Gangguan neuromuskuloskeletal seperti HNP, Stenosis Spinal, Scoliosis, Instability Spinal, Degeneratif, Pasca Operasi diberikan program yang terukur secara objektif melalui peralatan yang canggih seperti 3D Newton dan Biodex.

Selain itu juga program terapi stimulasi neuromuskuloskeletal dengan Sling Exercise Therapy.

Pada dasarnya Active Functional Training Program terdiri dari: Static Therapeutic Training, Stability Training, Sensory Motor Training, Dynamic Therapeutic Training, Muscle Power Training, Home Exercise Education.

Semua ini bertujuan untuk memberikan core stabilizing program yaitu meningkatkan kemampuan otot otot penyangga tubuh (core muscle), sehingga masalah tulang belakang dapat diatasi.

Rehabilitasi Medik Siloam Hospital Kebon Jeruk juga memberikan pelayanan fisioterapi konvensional lainnya seperti diatermi, ultrasonik, TENS, IT, traksi, IRR, nebulizer,disamping layanan terapi wicara dan terapi okupasi.

Berikut beberapa peralatan yang menjadi keunggulan SW Medical rehabilitation clinic:

Traction
Dynamic traksi yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri acute dan chronic pada leher dan lumbal. Konsepnya berdasarkan pada kombinasi dari gerakan dengan traksi sehingga tubuh akan beradaptasi dengan sendirinya.
Alat ini dapat mengurangi tekanan terhadap diskus, memungkinkan pertukaran cairan diskus, dan meningkatkan Range of Motion (ROM) dari tulang belakang.

Disc Bike
Static cycle dengan posisi back lying sehingga relatif aman untuk pasien. Digunakan untuk pemanasan karena kompresi terhadap diskus lebih ringan dibandingkan ketika duduk.
Alat ini berguna untuk mobilisasi aktif pada pasien untuk melancarkan sirkulasi dan peregangan sendi – sendi karena jarang melakukan aktifitas, latihan penguatan otot dengan tidak menggunakan tumpuan pada sendi lutut
 
3D Training
Mesin 3 dimensi dengan kemampuan rotasi 3 dimensi tanpa pergerakan tubuh yang berfungsi untuk melatih otot – otot stabilisasi dari tulang belakang. Alat ini adalah yang pertama di indonesia.

Alat berguna untuk melihat kekuatan otot, stabilitas spine dan melatih kekuatan otot penyangga spine dengan meggunakan grafitasi dan pergerakan 3 dimensi tanpa pergerakan dari spine pasien (safety)
 
Sling Exercise Therapy   
Sling exercise adalah latihan untuk meningkatkan kemampuan otot  untuk beradaptasi terhadap stimulasi dan pembebanan baik untuk otot – otot dalam maupun untuk otot – otot luar.

Alat ini berguna untuk meningkatkan kekuatan otot, sensory motor skill, stabilisasi dari tulang belakang dan persendian.

Togu
Togu ball merupakan alat bantu latihan keseimbangan, stability dan sensori motorik exercise. Togu berupa bola-bola kecil, guling dan bola besar.

Penulis: