Ilustrasi perempuan menjaga kebugaran tubuh
Besarnya kemungkinan untuk hamil bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup.

Ketika Anda dan pasangan akhirnya memutuskan untuk memiliki bayi, ada sejumlah persiapan yang harus calon Ibu lakukan. Terutama bagi perempuan yang cukup sulit untuk hamil.

Untuk mempersiapkan kehamilan, gaya hidup calon Ibu sangat berpengaruh terhadap keberhasilan untuk hamil dan kualitas kehamilannya. Untuk itu, coba persiapkan kehamilan dengan 4 cara ini.

1. Ubah diet Anda
Begitu Anda memutuskan untuk hamil, Anda harus mengevaluasi kebiasaan makan Anda. Apakah Anda cukup makan buah dan sayuran? Haruskah mengonsumsi yang organik? Apakah makanan Anda cukup protein dan kalsium? Jika tidak, coba konsultasikan dengan ahli nutrisi untuk mencoba membuat menu harian yang proporsional dan lebih sehat. Mengatur pola makan tidak hanya akan menjaga kesehatan Anda dan rahim sehat, tapi juga membuat kemungkinan terjadinya kehamilan lebih mudah.

2. Mulailah mengonsumsi asam folic
Jika Anda menyantap diet yang seimbang, Anda tidak perlu mengonsumsi multivitamin harian, namun itu tidak berarti Anda tidak minum pil asam folic setiap hari. Riset membuktikan vitamin mengurangi risiko kelahiran cacat, seperti spina bifida. Asam folic juga terkait dengan rendahnya risiko serangan jantung dan kanker pada perempuan. Pastikan Anda meminum setidaknya 400 miligram vitamin per hari.

3. Hilangkan kebiasaan tidak sehat
Merokok dan minum alkohol adalah dua hal yang tak hanya mengurangi kemampuan perempuan untuk hamil, tapi juga berisiko pada kesehatan Anda dan bayi Anda. Ketika Anda merokok, bayi Anda kehilangan oksigen dan nutrisi. Hal ini bisa menyebabkan bayi Anda tumbuh lambat dan kurang berat badan saat berada di rahim. Dan minum alkohol akan merusak otak bayi, organ, dan tubuhnya. Hilangkan dua kebiasaan buruk ini sebelum Anda melakukan tes kehamilan.

4. Berolahraga lebih sering
Olahraga bisa membantu mengurangi berbagai macam efek samping kehamilan, termasuk mual di pagi hari dan kecemasan. Selain itu juga membantu berat tubuh Anda tetap terjaga, sehingga mudah menurunkannya setelah Anda melahirkan. Tetap aktif selama kehamilan juga akan mempersiapkan otot dan pikiran Anda stamina yang Anda perlukan untuk hamil. Bicarakan dengan dokter, tipe olahraga apa yang cocok bagi Anda.


Penulis: