Diet bisa membantu memperpanjang usia
Diet Ayurveda merupakan pola makan tradisional masyarakat India lewat pendekatan holistik untuk menyeimbangkan tubuh.

Ada banyak pilihan program diet yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, serta komposisi menu khusus untuk kesehatan Anda.

Salah satunya adalah diet Ayurveda, terapi tradisional masyarakat India lewat pendekatan holistik untuk menyeimbangkan tubuh..

Diet Ayurveda dikenal sebagai pengaturan makan secara ketat yang disesuaikan dengan kondisi tubuh setiap individu. Tak hanya itu, Ayurveda juga memiliki aturan-aturan umum yang dapat diterapkan dalam diet apapun.

Seperti apa saja aturannya? Berikut penjelasannya seperti dikutip MedicMagic, Rabu (31/10).

Makan Lebih Lambat
Aturan pertama adalah cara mengunyah makanan. Menurut para ahli Ayurveda, makanan harus dikunyah hingga benar-benar halus. Metode ini amat penting, karena dapat mencegah Anda dari makan berlebihan. Dengan makan perlahan, Anda dapat menikmati makanan dan proses pencernaan pun berjalan lambat. Itu artinya, Anda memberikan kesempatan kepada sistem pencernaan untuk melakukan tugasnya dalam tubuh secara alami.

Makanan Segar
Pendekatan Ayurveda mengajarkan kita untuk memilih jenis makanan yang segar. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar tubuh bisa mendapatkan nutrisi maksimal  bila dibandingkan makanan olahan yang memungkinkan nutrisi larut dalam proses memasak. Tak hanya itu, makanan segar juga dapat membantu meningkatkan kerja pencernaan.

Minuman Hangat
Metode Ayurveda tidak menyarankan Anda untuk mengonsumsi jenis minuman dingin sebelum makan. Meski belum ada bukti bahwa minuman dingin dapat mengganggu pencernaan, tapi para ahli Ayurveda berpendapat, bahwa minuman hangat selain lebih bermanfaat bagi proses pencernaan, juga dapat menjadi pelumas bagi limpa, dan memberi efek mengenyangkan perut Anda.

Variasi Makanan
Filosofi lain dari diet Ayurveda adalah mengkombinasikan berbagai makanan yang diyakini dapat mencegah berbagai penyakit. Anda dapat menambahkan lauk pada berbagai makanan secara bergiliran, mencoba rasa baru dan mengkombinasikan berbagai bumbu atau rempah-rempah dalam satu piring. 

Penulis: