Puskesmas
Hingga kini puskesmas masih kekurangan banyak tenaga dokter
Hanya satu kabupaten di Sulbar yang masuk kategori baik yakni Kabupaten Majene.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) mengakui masih ada empat dari lima kabupaten yang masuk kategori daerah bermasalah kesehatan dan perlu mendapatkan perhatian secara serius dari semua pihak.

"Empat kabupaten yang masuk kategori bermasalah kesehatan itu terdapat di Kabupaten Polewali Mandar, Kabupaten Mamasa, Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Mamuju Utara. Hanya satu yang masuk kategori baik yakni Kabupaten Majene," kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Sulbar, kemarin.

Menurut Anwar, fakta ini menuntut pemprov untuk bekerja lebih keras lagi dalam meningkatkan mutu kesehatan di Sulbar. "Saya anggap masih perlu pembenahan secara serius hingga 90 persen karena empat kabupaten di daerah ini kategori bermasalah di bidang kesehatan," tutur dia.

Anwar menjelaskan, provinsi Sulbar yang memiliki 1,2 juta jiwa ini baru genap berusia delapan tahun dengan membawa segudang persoalan termasuk pembangunan kesehatan. Makanya pada awal pemerintahan, dirinya langsung membangun RSUD Regional sebagai cikal bakal rumah sakit rujukan kabupaten di daerah ini.

"Kami menyadari, keberadaan RS Regional belum dapat diharapkan untuk memperbaiki tingkat pelayanan karena keterbatasan tenaga medis khususnya dokter spesialis yang masih mengharapkan bantuan dari tim Unhas Makassar," tandas dia.

Penulis: