Ilustrasi gejala sindrom prahaid yang dialami banyak perempuan.

Meskipun setiap bulan perempuan sering mengalami siklus menstruasi bulanan, tapi kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana tubuhnya bekerja terkait dengan siklus bulanan tersebut.

Survei di Australia pada 2012 menunjukkan bahwa hanya 13 persen perempuan benar-benar bisa menjawab pertanyaan tentang menstruasinya.

Berikut adalah beberapa fakta mengenai menstruasi yang mungkin tidak diketahui oleh perempuan, seperti dilansir Huffington Post.

1. Perempuan Bisa Hamil Bahkan Selama Menstruasi
Ini memang jarang terjadi, tapi tak menutup kemungkinan untuk terjadi. Jadi jangan merasa aman ketika Anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan saat menstruasi. Jika Anda tidak ingin hamil, Anda masih harus menggunakan kondom meski sedang menstruasi.

2. Masa Paling Subur Selama Ovulasi
Ovulasi adalah pelepasan sel telur dalam ovarium. Biasanya ini terjadi di tengah-tengah siklus menstruasi. Gunakan alat kalkulator ovulasi untuk mengetahui dengan pasti ketika Anda sampai ke masa subur.

3. Jika Menstruasi Tidak Lancar
Menstruasi yang tidak lancar dapat berarti banyak hal. Misalkan saat menstruasi tertunda atau maju, dan jangka waktu lebih dari tujuh hari. Biasanya hal ini disebabkan penurunan berat badan ekstrim, stres, penggunaan obat kanker, dan kehamilan. Anda harus segera menemui dokter jika mengalami haid tidak teratur.

4. Walt Disney Membuat Film Tentang Menstruasi
Pada 1946, Walt Disney membuat film berjudul The Story of Menstruation sebagai film tentang kelas pendidikan seks. Kabarnya ini merupakan film pertama yang menggunakan kata 'vagina'.

5. Lebih Terangsang Saat Menstruasi
Hormon progesteron yang bekerja dengan menurunkan libido berada di level terendah selama menstruasi. Jadi kondisi inilah yang membuat perempuan lebih bergairah dan segar.

6. Menstruasi Masih Tabu di Beberapa Tempat
Di sebagian besar negara, menstruasi adalah hal yang normal yang bisa dialami oleh perempuan. Perempuan yang sedang menstruasi tidak akan diperlakukan berbeda. Namun berbeda di beberapa daerah seperti di India, perempuan yang sedang menstruasi dilarang menyentuh makanan atau membantu memasak. Mereka percaya bahwa sayuran akan menjadi layu dan makanan akan terasa tak enak bila dimasak oleh seorang perempuan yang sedang haid.

7. Darah Pertama dalam Iklan
Pada tahun 2011, 'Always' adalah perusahaan pertama yang menunjukkan darah di iklan tamponnya. Meski begitu, ini hanya dalam versi cetak. Rupanya menunjukkan darah masih tabu untuk diangkat ke iklan televisi.

Penulis: Ririn Indriani

Sumber:Huffington Post