Indonesia Mengajar Bersiap Gelar Festival Kerja Bakti Terbesar di Jakarta i

Hikmat Hardono (kanan), Direktur Eksekutif Indonesia Mengajar saat menghadiri Konferensi Pers Festival Indonesia Mengajar di Kantor GIM, Selasa (1/10).

Oleh: Mahesa Bismo | Selasa, 1 Oktober 2013 | 15:45 WIB

Jakarta - Gerakan Indonesia Mengajar (GIM) bersiap menggelar festival kerja bakti terbesar di Jakarta. Kerja bakti yang dimaksud bukan pekerjaan bersih-bersih, melainkan sebuah kerja sosial untuk membuat instrumen-instrumen pendidikan bagi kebutuhan anak-anak SD seluruh Indonesia dan kemudian disalurkan kepada mereka untuk menjadi bahan pembelajaran mereka.

"Sejauh ini sudah ada 4000 relawan yang mendaftar untuk mengikuti festival ini dan kami perkirakan jumlahnya akan mencapai 10.000 relawan hari pelaksanaannya nanti," ujar Hikmat Hardono, Direktur Eksekutif Indonesia Mengajar, saat Konferensi Pers Festival GIM di Kantor Pusat GIM di Jakarta, Selasa (1/10).

Pelaksanaan Festival ini sendiri nantinya akan diadakan 5-6 Oktober 2013 di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta.

Perencanaan dan pelaksanaan acara ini terbilang unik, karena seluruhnya dilakukan oleh relawan panitia yang seluruhnya berjumlah 850 orang dan tidak menggunakan jasa event organizer. Para panitia pun akan ikut untuk membayar iuran kegiatan yang sama dengan relawan peserta. Hikmat mengatakan, acara ini akan menjadi wadah multiaktivasi gerakan sosial pertama di Indonesia.

Konsep festival ini adalah menggunakan wahana-wahana kerja sosial yang tersedia, yakni relawan diajak membuat media belajar kreatif di setiap wahananya. Nantinya akan ada sepuluh wahana yang masing-masing bernama Kotak Cakrawala, Surat Semangat, Kemas-kemas Sains, Kartupedia, Kepingpedia, Sains Berdendang, Melodi Ceria, Video Profesi, Teater Dongeng, dan terakhir Aula Indonesia.

"Tujuan dari Festival GIM memberikan kesempatan bagi masyarakat luas untuk ikut ambil bagian aktif dalam pendidikan," kata Hikmat. GIM percaya bahwa masyarakat dapat turut serta dalam mempersiapkan materi pendidikan bagi anak-anak Indonesia.

Masyarakat umum yang ingin menjadi relawan kerja bakti di Festival GIM ini dapat mendaftar online di festival.indonesiamengajar.org hingga 2 Oktober, pendaftaran tunai hingga 4 Oktober, atau langsung datang ke loket acara pada hari pelaksanaan. Untuk acara ini relawan akan dimintai dana sebesar Rp 45.000 yang akan disumbangkan bagi kelangsungan pendidikan di Indonesia.


Sumber:
ARTIKEL TERKAIT