Kotak Cakrawala, salah satu wahana dari 10 wahana yang ada di Festival Gerakan Indonesia Mengajar, di Ecovention Hall Ancol, Jakarta, Sabtu (5/10).

Inilah Daftar Aktivitas Menarik di Festival GIM

Kotak Cakrawala, salah satu wahana dari 10 wahana yang ada di Festival Gerakan Indonesia Mengajar, di Ecovention Hall Ancol, Jakarta, Sabtu (5/10). (Mahesa Bismo/Beritasatu.com)

Jakarta - Hari ini, Festival Gerakan Indonesia Mengajar (FGIM) mulai digelar. Acara yang diadakan pada 5-6 Oktober 2013 di Ecovention Hall Ancol, Jakarta, ini mengajak seluruh lapisan masyaakat untuk bersama-sama membuatkan media belajar bagi berbagai SD di seluruh Indonesia.

Secara lengkap, ada 10 wahana menarik yang dirancang untuk memberikan pengalaman langsung dalam melakukan aksi nyata, selama FGIM berlangsung. Berikut daftarnya:

1. Kotak Cakrawala. Di wahana ini, relawan diminta ikut membantu proses pengepakan buku bacaan. Ada 60.000 dari berbagai kategori yang akan dikemas dalam ribuan kotak, dan akan dikirimkan ke 17 kabupaten.

2. Kartupedia. Relawan diajak untuk menyusun dan menuliskan informasi di balik kartu-kartu yang bergambarkan hal tematik tertentu sebagai sumber referensi. Kartu ini adalah bentuk sederhana dari ensiklopedia.

3. Kepingpedia. Relawan diajak untuk menggambar, mewarnai, dan/atau menyusun sebuah permainan keping puzzle.

4. Surat Semangat. Relawan diminta untuk mengirimkan surat atau kartu pos kepada guru dan/atau siswa-siswa di desa-desa penempatan Pengajar Muda, dengan menuliskan nama dengan alamat lengkap dirinya. Tujuannya adalah untuk membangun dan menjalin hubungan persaudaraan dengan masyarakat di daerah penempatan.

5. Kemas-Kemas Sains. Relawan diajak untuk mencari bahan-bahan yang dapat digunakan di dalam kelas sains.

6. Teater Dongeng. Relawan diminta untuk memperagakan drama kepahlawanan atau dongeng pendek, yang kemudian akan direkam, disunting, dan dikirimkan ke daerah.

7. Melodi Ceria. Relawan diminta untuk menyumbangkan suaranya yang kemudian direkam sebagai video, dan dikirim ke daerah penampatan Pengajar Muda.

8. Sains Berdendang. Relawan diajak untuk menyanyi sebuah lagu parodi pelajaran yang ada, atau lagu gubahannya sendiri, lalu direkam dan dikirim ke daerah penempatan Pengajar Muda.

9. Video Profesi. Relawan akan diundang untuk berbagi cerita tentang profesi masing-masing selama 15-20 menit.

10. Aula Sekolah. Merupakan wahana relawan FGIM, di mana semua orang dapat berjejaring dan bertukar ide-ide kreatif yang dapat dilakukan untuk pendidikan di Indonesia.

Dalam ajang ini, nantinya para relawan peserta bebas memilih, wahana mana dulu yang akan mereka masuki. Selain itu pula, mereka akan diajak untuk saling mengenal sesama relawan.

Mahesa Bismo