Eduspec Realisasikan Program "SMK IT Learning Center"

Eduspec Indonesia menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Banten untuk bidang pendidikan. (Istimewa)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Sabtu, 16 Mei 2015 | 01:31 WIB

Banten - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu lembaga pendidikan yang menyiapkan peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu mengembangkan diri sesuai kompetensi, memiliki peran strategis di Indonesia. Lulusan SMK yang memililiki daya kompetitif dan adaptif di lingkungan kerja maupun berwirausaha, menjadi salah satu modal membangun bangsa.

Untuk membantu meningkatkan keahlian dan kompetensi pelajar SMK di Provinsi Banten, Dinas Pendidikan menandatangani kesepakatan kerjasama (MOU) dengan PT Eduspec Indonesia. Kerjasama ini untuk merealisasikan program SMK IT Learning Center.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten, H Engkos Kosasih Samanhudi, S.Pd, MM, M.Si, para Kepala SMK negeri dan swasta, Microsoft, serta Direktur Utama PT Eduspec Indonesia, Indra Charismiadji.

SMK IT Learning Center merupakan program kerjasama dengan Microsoft untuk sertifikasi Microsoft kepada siswa-siswi dan guru SMK. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk melakukan ujian dan pelatihan sertifikasi pada komunitas sekitar.

Program ini sebagaimana dicanangkan oleh Direktorat SMK yang mana menginginkan adanya sebuah project yang berkesinambunang. Melalui program SMK IT Learning Center ini, siswa-siswi di sekolah dapat belajar menggunakan kurikulum IT Academy yang mana akan membekali mereka untuk menjadi tenaga ahli, antara lain dalam bidang IT dan manajemen perkantoran.

SMK tersebut juga akan menjadi pusat pelatihan dan sertifikasi bagi masyarakat sekitar yang mana dapat semakin meningkatkan kualitas tenaga ahli di Indonesia untuk dapat bersaing dalam Masyarakat Ekonomi Global yang dimulai pada akhir tahun ini, 2015.

Pada kesempatan tersebut, PT Eduspec juga mengenalkan inovasi terbaru mereka yaitu e-SABAK (Sistem Aplikasi Belajar Aktif dan Kreatif elektronik) yang memanfaatkan teknologi SABAK atau tablet dengan aplikasi pembelajaran yang kreatif dan interaktif dari Intel (Intel Education Software).

Dampak positif dalam pembelajaran dan pengajaran melalui SABAK antara lain adalah memungkinkan siswa untuk meningkatkan kecanggihan aktivitas belajar secara online, meningkatkan antusias belajar siswa, memberi peluang bagi guru untuk meningkatkan produktivitas, sekaligus menciptakan suasana belajar yang baru.

Termasuk didalam e-SABAK adalah troli penyimpan tablet yang sudah termasuk sistem charging untuk tablet tersebut, tablet untuk siswa dan guru, proyektor, wireless display, router, headset dan UPS untuk cadangan daya bagi router. Perangkat lunak yang disediakan antara lain; Intel Education Lab Camera, Intel Education Media Camera, ArtRage, SPARKVue, dan lain sebagainya.

Perangkat lunak tersebut dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk semua mata pelajaran, antara lain TIK, Matematika, Fisika, Biologi, Bahasa, dan lain sebagainya. Termasuk pula di dalam paket ini adalah kurikulum yang sudah disesuaikan dengan kurikulum sekolah, serta pendampingan selama masa transisi mengajar menggunakan teknologi bagi guru-guru di sekolah.


Sumber: PR
ARTIKEL TERKAIT