Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

VIDEO: Penganiayaan di STIP, Menhub Copot Ketua Sekolah

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (BeritaSatu Photo/Joanito De Saojoao)

Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mencopot Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). Hal itu dilakukan setelah adanya seorang taruna STIP yang meninggal, diduga akibat dianiaya seniornya.

Menhub juga menyatakan penyesalan dan dukacita mendalam atas meninggalnya teruna tersebut. “Hari ini kami sudah membebastugaskan kepala (ketua) sekolah itu,” kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/1).

Menurutnya, penganiayaan dalam pendidikan kedinasan seperti di STIP dan lainnya memang kerap terjadi. Karenanya, dia menegaskan, pengawasan ketat mesti diterapkan. “Pada dasarnya, standar kerja dari sekolah kita yang pelayaran, udara, darat, kejadian seperti ini sudah beberapa kali terjadi,” ujarnya.

Dia mengatakan, seluruh taruna apabila masih bertindak kekerasan selama pendidikan, bakal dikeluarkan. “Apabila ada senior yang melakukan itu (kekerasan), sanksinya keluar. Juga demikian apabila kepala sekolah tidak dapat mengendalikan, artinya kita anggap tidak mampu,” ucapnya.

Dia juga meminta aparat penegak hukum agar tak ragu mengusut tuntas tewasnya taruna STIP. “Karena ada yang sampai meninggal, kita nilai ini sebagai sesuatu ranah hukum. Kami berikan kesempatan aparat hukum untuk melakukan tindakan yang semestinya kepada mereka,” katanya.

Saksikan Videonya di sini: 







Suara Pembaruan

Carlos KY Paath/YUD

Suara Pembaruan