Pentingnya Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha

Pentingnya Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha
Acara Diskusi Link and Match di Universitas Prasetiya Mulya. ( Foto: Beritasatu Photo/Chairul Fikri )
Chairul Fikri / FER Kamis, 31 Agustus 2017 | 18:59 WIB

Jakarta - Dunia pendidikan di Indonesia belakangan makin jarang menelurkan enterpreneur muda sebagai penggerak roda bisnis yang ada di Indonesia. Hasilnya, para mahasiswa yang lulus dari berbagai universitas di negeri ini lebih banyak menjadi pekerja ketimbang pengusaha.

Menjawab tantangan itu, Universitas Prasetiya Mulya berusaha menjembatani dunia pendidikan dan dunia usaha, dengan menggandeng beberapa pengusaha dan pebinsis untuk kemudian mencetak pengusaha muda yang mampu bersaing di kancah global.

Rektor Universitas Prasetya Mulya, Prof Dr Djisman S Simandjuntak, mengatakan, sebagai lembaga pendidikan pihaknya berusaha memfokuskan diri terhadap masa depan dengan mencoba membuka pola pikir mahasiswa kami untuk tidak gentar memasuki dunia bisnis.

"Dengan kolaboarasi yang baik antara dunia pendidikan dan dunia usaha membuat generasi muda di Indonesia tidak hanya jadi pekerja saja, tapi berani untuk memulai usaha sesuai dengan bakat dan keinginannya masing-masing," ungkap Prof Djisman S Simandjuntak, di Jakarta, Rabu (30/8).

Dengan tantangan ke depan yang lebih komplek, lanjut dia, dunia pendidikan di Indonesia harus berani keluar dari kebiasaannya untuk mencetak pekerja.

"Kita sebagai sebuah perguruan tinggi harus berani mendatangkan orang-orang yang berpengalaman dalam bidang bisnis untuk mendidik mahasiswa kita untuk jadi pengusaha. Jadi, jangan sampai setelah lulus nanti, mahasiswa kebingungan ingin mengerjakan apa lantaran makin sedikitnya peluang kerja," paparnya.

Menurut Prof Djisman, pihaknya berusaha menggandeng perusahaan-perusahaan besar untuk berani menerima mahasiswa dan membimbing mereka mengembangkan talentanya.

"Istilahnya, 50 persen mahasiswa disini akan dapat pelajaran dari segi teori, dan 50 persennya mereka akan dapatkan dari pengalaman kerja saat mereka praktek. Dari situ, kami berharap mahasiswa akan siap bersaing menjadi enterprenuer muda yang membangun perekonomian Indonesia," tambahnya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE