Buah Kiwi

 Jika dilihat sepintas, bentuknya bulat lonjong, nampak seperti buah sawo. Bedanya, buah kaya manfaat ini, memili bulu halus di permukaan kulit.

Nama buah asal negeri China ini, mengadopsi nama burung langka di Selandia Baru. Dulunya, buah kiwi dikenal sebagai Chinese Goosberry.

Terkenal sebagai superfood, kiwi diketahui memiliki kandungan sarat nutrisi dan antioksidan yang mampu menjaga daya tahan tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit.

Kiwi merupakan salah satu buah padat nutrisi dengan kandungan mineral, fitokemikal dan serat yang tinggi. Bahkan, sejumlah studi menyatakan buah ini memiliki nutrien density tertinggi ketimbang buah lainnya.

Berikut sejumlah tips dalam memilih dan mengonsumsi buah kiwi agar diperoleh manfaat yang optimal.

1. Untuk mengetahui tingkat kematangan buah ini, tekan kedua ujungnya. Buah yang siap dikonsumsi biasanya memiliki daging yang tidak keras (empuk) dan tidak terlalu lembek.

2. Usahakan untuk selalu rutin mengonsumsi buah ini dalam keadaan yang segar.

3. Jangan biarkan kiwi dalam kondisi terkelupas atau terbelah dalam waktu yang lama karena mudah teroksidasi dengan suhu dan udara yang dapat mengurangi nilai gizi dan kandungan vitamin.

4. Ingatlah selalu untuk tidak memanaskan kiwi dengan bahan lain karena suhu yang panas dapat merusak kandungan vitamin yang dimilikinya.

5. Jangan masukan kiwi yang masih mentah kedalam lemari es karena tidak mempercepat proses pematangannya. Lebih baik letakan kiwi diantara buah lain untuk mempercepat proses pematangannya.

6. Sebaiknya, langsung konsumsi kiwi yang matang karena kandungan nutrisi yang dimilikinya akan lebih optimal diserap tubuh.

Penulis: Feriawan Hidayat/FER

Sumber:News