Beef Curry Udon dari Marugame Udon & Tempura.
Beef Curry Rice Marugame Udon dan Tempura Restaurant.

Jakarta - Menikmati suasana bersantap masyarakat Jepang, tak perlu jauh-jauh. Di Mall Taman Anggrek Lantai 3, Jakarta Barat, Restoran Marugame Udon & Tempura menyajikan suasana khas dari Jepang. Tetapi tak perlu takut rasa asing, menu udon dan tempura yang diolah seperti cara masyarakat Jepang itu sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, melalui proses food test.

Marugame Udon & Tempura merupakan restoran udon dan tempura pertama di Indonesia yang diambil dari pewaralaba Marugame Seimen Jepang yang berkantor pusat di Kobe. Restoran ini memiliki konsep open kitchen, freshly cooked, dan self service.

Konsep open kitchen membuat konsumen leluasa melihat proses memasak udon dan tempura langsung dari dapur Marugame. Sementara konsep freshly cooked, pengunjung dapat menyaksikan pengolahan udon dan tempura yang dimasak dan digoreng langsung begitu konsumen memesan. Udon dan tempura yang ada dipajang tidak lebih dari 20 menit. Jika lebih dari 20 menit, olahan akan ditarik dan diganti dengan yang baru.

Restoran ini sangat mengutamakan kualitas makanan untuk konsumennya. Keunikan juga terlihat dari konsep self service, konsumen mengantre (line up) di udon station, lalu setelah pilihan tersedia selanjutnya konsumen menuju tempura station. Biasanya konsumen mungkin takjub karena dihadapkan dengan 10 jenis pilihan tempura yang menggoda selera. Setelah proses memilih makan selesai, konsumen dapat menuju kasir dan memesan minum.

Pelengkap
Ada meja kondimen yang khusus disediakan restoran ini. Meja itu tersedia untuk konsumen yang perlu tambahan pelengkap makanan seperti irisan cabai rawit, irisan daun bawang, wijen, jahe, dan yang paling spesial yaitu tenkatsu atau remah-remah tempura yang renyah.

Marugame menawarkan delapan jenis udon, 10 jenis tempura, dan empat jenis nasi yang ditawarkan oleh Marugame. Untuk pilihan udon, tersedia Kamage Udon yakni udon spesial yang disajikan dengan buka kedashi soup secara hangat.

Ada juga Kake Udon, yakni udon dengan kakedashi soup. Tori Baitang Udon, yakni udon dengan sup kaldu putih dilengkapi baso ayam. Mentai Kamatama Udon, yakni udon dengan saus spesial telur ikan mentai kodan telur omega setengah matang.

Empat menu udon tersebut merupakan menu andalan Marugame. Khusus untuk Kamage udon dapat dipesan dengan ukuran keluarga yang bisa dinikmati 4-6 orang. Selain itu, ada Zaru Udon, yaitu udon dingin yang disajikan dengan buka kedashi soup yang dingin juga, nikmat disantap saat cuaca panas.

Marugame menyajikan pula On Tama Udon, yaitu udon dengan buka kedashi soup dan telur omega setengah matang, dengan pilihan penyajian secara hangat atau dingin. Niku Udon, udon dengan lembaran daging sukiyaki dan kakedashi soup. Tak ketinggalan Beef Curry Udon, yaitu udon dengan lembaran daging sukiyaki disiram dengan kuah kari kental.

Untuk pilihan menu nasi, ada Tendon Seafood Rice, nasi Jepang dengan topping tempura sayur, ikan kisu, dan ebi. Tendon Tori Rice, nasi Jepang dengan topping tempura sayur, telur dan ayam. Sukiyaki Beef Bowl, nasi Jepang dengan lembaran daging sukiyaki yang gurih. Beef Curry Rice, nasi Jepang dengan lembaran daging sukiyaki disiram kuah kari kental.

Agar konsumen puas, Marugame juga menyediakan pilihan tempura. Mulai dari Kakiage (Tempura Sayur sebesar buah jeruk bali), Broccoli Tempura (Tempura Brokoli), Egg Tempura (Tempura telur omega) Chicken Chilli Tempura (Cabai Hijau Isi Ayam), Skewered Tofu Roll (Udang Kulit Tahu), Kisu Tempura (Tempura Ikan Kisu), Sweet Potato Tempura (Tempura Ubi), Tori Tempura (Tempura Ayam),Beef Croquette (Kroket Daging Sapi) dan Ebi Tempura (Tempura Udang).

Dari sisi harga, Restoran Marugame menagih biaya menu udon dan nasi mulai dari Rp 33.000–Rp 50.000, dan untuk Kamage udon paket keluarga ditawarkan dengan harga Rp 85.000. Untuk penggemar tempura, sajian tersedia mulai dari harga Rp 7.000–Rp14.000 per potong.

Suara Pembaruan

Penulis: U-5/NAD

Sumber:Suara Pembaruan