FDA Sebut Nanas Merah Muda Aman Dikonsumsi i

Nanas dengan daging berwarna merah muda

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Senin, 26 Desember 2016 | 17:49 WIB

Kemunculan varietas Pink Pineapple atau Nanas berwarana merah muda, tengah menjadi pembicaraan hangat di kalangan pemerhati dunia kesehatan internasional.

Maklum saja, Badan Pengawas Makanan Amerika Serikat (Food and Administration/FDA) telah melakukan evaluasi, dan menyatakan bahwa buah nanas modifikasi yang memiliki daging berwarna merah muda itu, dinyatakan aman untuk dikonsumsi.

Buah yang dihasilkan oleh produsen makanan Del Monte dan dikenal dengan sebutan The Rose, telah dimodifikasi secara genetik untuk menurunkan produksi pigmen kuning yang selama ini kita kenal.

Modifikasi ini, selanjutnya memungkinkan pigmen merah muda alami, Lycopene, yang disuntikkan dan terdapat dalam nanas tersebut menjadi lebih jelas.

"Lycopene merupakan pigmen yang membuat tomat merah dan semangka memiliki warna merah. Secara umum, pigmen ini aman untuk dikonsumsi," kata pihak FDA dalam pernyataannya.

Menurut laporan, Del Monte telah memulai pengembangan nanas merah muda ini sejak tahun 2005, untuk secara genetik melakukan modifikasi buah.

"Meskipun Del Monte akan memasarkan nanas ini di Amerika Serikat, mereka tidak berencana untuk melakukan penanaman di sini," kata pihak FDA.




Sumber: The New Paper, Asiaone
ARTIKEL TERKAIT