Indonesia memiliki kopi berkualitas dan telah dikenal di seluruh dunia akan kenikmatannya. Sebut saja misalnya kopi Papua Wamena, kopi Flores Bajawa, kopi Toraja, kopi Mandailing, kopi Bali Kintamani, kopi Java Preanger, kopi Lintong Sumatera, dan kopi Aceh Gayo.

Menikmati Sensasi Aroma Kopi Nusantara

Indonesia memiliki kopi berkualitas dan telah dikenal di seluruh dunia akan kenikmatannya. Sebut saja misalnya kopi Papua Wamena, kopi Flores Bajawa, kopi Toraja, kopi Mandailing, kopi Bali Kintamani, kopi Java Preanger, kopi Lintong Sumatera, dan kopi Aceh Gayo. (Investor Daily/Indah Handayani)

Jakarta - Indonesia telah lama dikenal sebagai penghasil kopi berkualitas di dunia. Tak heran, negara kepulauan ini dikenal sebagai surganya para pecinta kopi. Ditambah lagi, kopi yang dihasilkan dari ujung timur hingga barat Nusantara memiliki rasa dan sensasi kenikmatan berbeda.

"Indonesia memiliki kopi yang berkualitas dan telah dikenal di seluruh dunia akan kenikmatannya," kata Pendiri Diskus Ruang Kopi, Argo Baskoro, belum lama ini.

Uniknya, lanjut dia, rasa yang dihasilkan dari tiap daerah baik dari ujung Timur hingga Barat sangatlah berbeda. Hal itu dipengaruhi oleh daratan tempat penanaman kopi tersebut. Sebut saja dari ujung timur nusantara kopi Papua Wamena, lalu kopi Flores Bajawa, kopi Toraja, kopi Mandailing, kopi Bali Kintamani, kopi Java Preanger, kopi Lintong Sumatera, dan kopi Aceh Gayo. Kopi tersebut memiliki karakteristik dan rasa yang berbeda.

"Kopi nusantara memang sangat khas dan berbeda dengan negara lainnya. Rasa kopi asli itu biasanya dari kopi Jawa, sedangkan kepekatan lebih unggul kopi yang ditanam di Sumatera. Sedangkan gurih kopi terkenal berasal dari Sulawesi atau Toraja," ungkap Argo.

Indonesia telah dikenal sebagai negara penghasil kopi berkualitas

Lebih lanjut, Argo menambahkan, dari seluruh kopi tersebut, kebanyakan merupakan kopi Arabika yang memiliki kandungan kafein yang lebih rendah ketimbang Robusta. Tidak hanya itu, Arabika memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi dan perbedaan harga biji kopi Arabica yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga biji kopi Robusta.

Biasanya rata-rata dalam satu cangkir kopi, kopi Arabica memiliki kandungan cafein sebesar 60 miligram (mg) dan Robusta 80 mg. Sedangkan kopi Robusta lebih dikenal rasanya yang lebh tajam dan pahit dibandingkan Arabika. Meski demikian, masyarakat di Indonesia sebanyak 80 persen lebih menyukai kopi Robusta. Ha itu karena mereka lebih kenal dengn rasa pahit dibandingkan dengan asam.

Namun, Argo mengatakan, biasanya kopi Arabika lebih banyak dipakai oleh coffee shop modern saat ini. Sehingga penikmat kopi pemula lebh banyak menyukai kopi Arabika. Ia menyarankan untuk memperhatikan waktu dalam menikmati kopi Arabika dan Robusta. Sebaiknya kopi Robusto dinikmati pada pagi hari, karena rasanya yang kuat, pahit dan kafein akan membuat tubuh terasa segar. Sedanngkan pada malam hari sebagiknya menikmat kopi Arabica yang lebih santai dan kandungan kafein yang lebih rendah, sehingga tidak kaan menganggu waktu tidur.

"Sebaiknya, dalam menggunakan pemanis juga lebih memilih gula merah pada malam hari karena hasilnya tidak akan terlalu manis dan tidak akan menjadi kalori yang tinggi," jelasnya.

Dalam penyajiannya, lanjut Argo, kopi di Indonesia biasanya dan lebih banyak menyukai sajian dalam bentuk kopi tubruk. Namun, banyak punya yang menyukai penyajian kopi dalam bentuk lainnya. Sebut saja V60, Vietnam Drip, Aero-press, dan French press.

Tak ketinggalan pula minuman cold brew coffee yang diperkirakan bakal menjadi tren pada 2017. Minuman tersebut disajikan dengan didiamkan selama 8 jam terlebih dahulu lalu dimasukkan ke dalam kulkas. Hal itu karena karakter masyarakat Indonesia sangat menyukai kopi dingin, apalagi faktor tropis di Indonesia sangat mendominasi.

"Belum lagi, banyak bertumbuh penikmat kopi baru atau pemula yang lebih menyukai kopi dingin," lanjutnya.

Argo menambahkan, saat ini peminat kopi nusantara semakin besar. Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan Verse Lite Pembangunan Hotel membuka Diskus Ruang Kopi. Di kedai kopi itu, menyajikan beragam kopi Arabika dan Robusta dari seluruh Indoensia. Ditambah lagi, beberapa kopi yang diracik dan disajikan berbeda dibandingkan dengan kedai kopi lainnya. Sebut saja menu minuman kopi signature mereka bernama Paradise. Sajian minuman kopi tersebut dibuat dari perpaduan tiga kopi Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera dan Sulawesi ditambah dengan krim dan rasa karamel.

"Selain menyediakan minuman kopi, kami juga memberikan edukasi kepada konsumen saat memesan minuman kopi," tutupnya.



Investor Daily

Indah Handayani/FER

Investor Daily