Akibat Perubahan Iklim, Kopi Arabika Terancam Punah i

Biji Kopi

Oleh: / WBP | Jumat, 9 November 2012 | 14:38 WIB
Perubahan iklim telah menjadi ancaman serius bagi pertumbuhan biji kopi.

Beberapa bulan yang lalu, sejumlah ilmuwan dan media telah mempublikasikan kemungkinan akibat dari perubahan iklim yang sangat ekstrim dapat menyebabkan punahnya biji kopi Arabika.

Ironisnya, laporan terbaru yang dirilis oleh Reuters menyatakan bahwa kepunahan biji kopi, khususnya kopi jenis Arabika dapat berlangsung lebih cepat karena semakin ekstrimnya perubahan cuaca di berbagai belahan dunia.

"Kepunahan kopi Arabika telah mencapai tahap yang sangat mengkhawatirkan," kata Aaron Davis, kepala penelitian kopi Arabika di Royal Botanic Gardens.

Sebuah studi terbaru Royal Botanic Gardens, Inggris, yang bekerjasama dengan ilmuwan Ethiopia menyatakan, 99% daerah yang paling cocok untuk lokasi tumbuhnya biji kopi Arabika akan hilang di tahun 2080 mendatang.

Seperti diketahui, kopi merupakan tanaman yang rentan terhadap perubahan iklim dan suhu. Tanaman kopi jenis Arabika merupakan yang paling tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan iklim.

Hal ini tentunya memberikan kekhawatirkan bagi kalangan petani dan produsen di Ethiopia, yang menggantungkan hidup dan mata pencariannya pada biji kopi Arabika.

Sumber:
ARTIKEL TERKAIT