Kedaton Kesultanan Ternate.
Areal kuliner disiapkan di sekitar pembangunan water boom.

Kawasan Ternate Park di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), akan mengembangkan wisata kuliner sebagai upaya memperkenalkan potensi khas yang dimiliki daerah ini.

"Kami akan meminta agar kawasan Ternate Park dapat mengakomodir pengembangan wisata kuliner di daerah ini, salah satunya dengan menyiapkan tempat khusus bagi kuliner khas Ternate guna diperkenalkan bagi masyarakat yang akan berkunjung ke Kota Ternate," Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Ternate Tamrin Marsaoly di Ternate, kemarin.

"Berbagai kuliner di daerah ini kurang dipromosikan, untuk itu, kita akan siapkan arealnya di sekitar pembangunan water boom, agar dijadikan sebagai wisata kuliner terutama bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini," katanya.

Selain itu, Pemkot Ternate tetap membuka peluang kepada pengusaha yang ingin menanamkan modalnya di daerah ini, dengan mengembangkan wisata kuliner yang saat ini dibangun di kawasan Kayu Merah.

Ia mengatakan, Kota Ternate sebagai Kota sejarah dengan berbagai peninggalan colonial, ini sangat potensial jika didukung dengan pengembangan wisata kuliner.

Sehingga, dalam rencana pengembangan bagi pembangunan wahana Ternate Park atau water boom akan menyiapkan sejumlah tempat khusus dalam mengembangkan wisata kuliner.

Selain itu, kehadiran Ternate Park nanti juga akan menyerap ratusan tenaga kerja dalam rangka membantu pemda dalam menekan angka pengangguran terbuka di daerah ini.

Sementara itu, Manajer Ternate Park Jefri Layado ketika dikonfirmasi mengaku, pihaknya akan memperhatikan tenaga kerja mulai dari proses pembangunan watter boom hingga pengoperasian Ternate Park.

Ia mengungkapkan, tenaga kerja yang direkrut diharapkan dama mengatasi pengangguran yang berfluaktatif di daerah ini. Pekerja kasar lebih dari 120 orang akan direkrut pada pengerjaan pembangunan Ternate Park dan watter boom.

Lahan yang digunakan seluas 6 hektar, sedangkan 2,6 hektar untuk membangun water boom dan sisanya akan dibangun pembangunan kuliner, cendramata, mall dan halaman parkir.

"Tahap awal, akan dibangun watter boom dan areal cenderamata maupun kuliner, arealnya akan menunggu pemkot dalam penimbunan bagian pesisir pantai lokasi Benteng Kalamata," ujarnya.

Sehingga, ditargetkan pembangunan watter bom maupun areal kuliner diharapkan sudah bisa dimanfaatkan saat Ulang Tahun Kota Ternate pada Desember 2012.

Penulis:

Sumber:Antara