Tak Perlu ke India, Ada Taj Mahal versi Indonesia di Sunter

Shinta Lestari / SHI Kamis, 24 Mei 2018 | 12:59 WIB

Jakarta - Apabila Anda ingin merasakan sensasi berada di Taj Mahal, tak perlu jauh-jauh ke India. Di Jakarta juga ada bangunan menyerupai Taj Mahal, yaitu Masjid Ramlie Musofa di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Jika Taj Mahal didirikan atas dasar lambang cinta seorang raja terhadap istrinya, pendiri masjid ini, H Ramli Rasidin, juga membangunnya berdasarkan lambang cinta beliau terhadap Allah SWT, Islam, dan keluarga.

Nama Ramlie Musofa diambil dari penggalan nama setiap anggota keluarganya. Ram dari nama H. Ramli Rasidin. Kemudian Lie merupakan nama istrinya Lie Njoek Kim. Mu dari Muhammad anak pertama. So dari kata Sofyan anak kedua. Fa diambil dari anak ketiga Fabian.

Pendiri yang merupakan seorang mualaf memadupadankan tiga bahasa yang ditampilkan di dinding-dinding masjid, yaitu bahasa Indonesia, Arab, dan Tionghoa. 

Masjid ini dibangun tahun 2011 dan telah diresmikan tahun 2016. Bangunan megah yang didominasi warna putih dan emas ini memiliki luasan 2 ribu meter dan terdiri dari tiga lantai. 

Intip kemegahan Masjid Ramlie Musofa di video Jurnal Ekstra berikut ini. 



CLOSE