Gaya Ramadan dengan Batik Betawi

Gaya Ramadan dengan Batik Betawi
Batik Betawi koleksi Elemwe karya desainer Lily Mariasari ( Foto: Ist / Ist )
Mardiana Makmun / MAR Minggu, 27 Mei 2018 | 21:46 WIB

Jakarta- Kebutuhan modest fashion (busana sopan) semakin tinggi saat Ramadan. Hal ini disambut baik oleh desainer busana, seperti Lily Mariasari lewat brand Elemwe yang menawarkan busana sopan dengan ciri khasnya, batik betawi.
Pada event Fuschia Market Ramadhan yang digelar di Kota Kasablanka, Sabtu (26/5), Elemwe ikut serta berkontribusi mengisi rangkaian di panggung fashion bertema ramadhan dengan menampillan batik betawi.

"Alhamdulillah semakin banyak dikenal oleh masyarakat dalam dan luar negri, sehingga semakin mudah dalam pemasarannya," ujar Lily Mariasari kepada Investor Daily.

Menurutnya, batik tidak hanya bisa dikenakan pada acara-acara formal kantor dan lainnya, namun juga pada momen Lebaran. Penting bagi Elemwe mengedukasi masyarakat agar lebih mengenal seni budaya Jakarta atau Betawi sehingga Jakarta bisa dapat lebih di kenal lagi melalui keunikan sejarah seni budaya yang di miliki, salah satunya batik.
“Untuk koleksi ini, saya menampilkan busana terinspirasi musim gugur saat saya sedang ke Jepang beberaoa waktu lalu,” cerita Lily.

Motif khas Betawi yang ditampilkan kali ini adalah kepala ondel-ondel, bajaj, dan batik pesisir Pulau Seribu yang menampilkan motif kerang laut dan kura-kura. “Kali ini ada ondel-ondel, bajaj, dan kerang serta kura-kura. Sebelumnya saya sudah pernah menampilkan ikon Betawi seperti Ondel-ondel, Monas, penari ronggeng, alat musi tanjidor, pedagang kerak telor, hingga seri flora seperti pohon flamboyan dan tapak dara dan seri fauna yaitu burung elang Betawi,” ungkap Lily.

Koleksinya berupa rok, kulot, celana panjang, dan dress. "Untuk detailnya, saya buat lengan bervolume dan potongan asimetris yang kini masih terus disukai konsumen karena berkesan dinamis,” tutup Lily.



Sumber: Investor Daily
CLOSE