Peraih Medali Emas POM ASEAN Dapat Beasiswa

Peraih Medali Emas POM ASEAN Dapat Beasiswa
Menpora Imam Nahrawi (tengah) menjawab pertanyaan wartawan setibanya di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/11). Imam Nahrawi ke KPK untuk menyerahkan dan melengkapi laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). ( Foto: Antara/Reno Esnir )
/ CAH Minggu, 21 Desember 2014 | 23:51 WIB

Palembang - Atlet yang berhasil meraih medali emas pada ASEAN University Games (POM ASEAN) di Palembang, Sumatera Selatan pada 10-21 Desember 2014 akan diberikan bonus berupa bantuan biaya pendidikan atau biaya kuliah.

"Bonus yang disiapkan untuk atlet berprestasi peraih medali emas pada event olahraga mahasiswa se-Asia Tenggara ini berupa beasiswa menyelesaikan pendidikan Strata-1 (S1) atau melanjutkan pendidikan ke S2," kata ketua Kontingen Indonesia Asean University Games (AUG) 2014, Mulyana sebelum acara penutupan event tersebut di Palembang, Minggu (21/12).

Menurut dia, atlet yang telah menunjukkan prestasinya dengan menyumbang medali emas mengantarkan kontingen tuan rumah ini menjadi juara umum, perlu diberikan bonus dan perhatian khusus agar bisa meningkatkan prestasinya lebih baik lagi.

Selain itu, dengan adanya bonus diharapkan dapat memotivasi atlet yang belum berhasil untuk berlatih lebih giat lagi agar mampu mengukir prestasi terbaik pada event berikutnya.

Sementara Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi mengatakan, atlet cabang olahraga yang mampu mengukir prestasi dan menyumbang medali emas perlu mendapat perhatian dengan diberikan bonus.

"Bagi atlet yang belum berhasil menyumbang medali bagi tim negara ini, perlu diberikan pembinaan dan kesempatan melakukan latihan yang lebih baik lagi sehingga dapat berprestasi pada event berikutnya," ujar Imam.

Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara itu telah berhasil diselenggarakan dengan baik sesuai jadwal yang ditetapkan, bahkan dari 20 cabang olahraga yang dipertandingkan tim Indonesia bisa meraih medali emas terbanyak dan menjadi juara umum.

Tim Indonesia menjadi juara umum dengan perolehan 190 medali terdiri atas 66 emas, 78 perak, dan 46 perunggu, kemudian posisi kedua ditempati tim Thailand dengan perolehan 114 medali (53 emas, 34 perak, 27 perunggu), dan posisi ketiga dipegang kontingen Malaysia dengan perolehan 131 medali (40 emas, 42 perak, 49 perunggu).

Berdasarkan hasil yang dicapai tersebut, Indonesia sukses menjadi tuan rumah ASEAN University Games XVII dan sukses mengukir prestasi. Imam meminta untuk tidak cukup puas dengan keberhasilan tersebut.

Menurut dia, dari 20 cabang olahraga yang dipertandingkan yakni sepak bola, sepak takraw, voli, wushu, taekwondo, karate, catur, tenis lapangan, panahan, tenis meja, voli pantai, bulu tangkis, futsal, atletik, renang, anggar, pencak silat, selam, bola basket, dan pentaque perlu dilakukan evaluasi.

"Atlet cabang olahraga yang mampu mengukir prestasi dan menyumbang medali emas diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan tersebut sedangkan bagi yang belum berhasil perlu diberikan pembinaan yang lebih baik lagi," tambah Imam.

Sumber: Antara
CLOSE