Ketua Umum PP Persatuan Cricket Indonesia, Azis Syamsuddin

Cabor Kriket Siap Amankan Emas di SEA Games 2017

Ketua Umum PP Persatuan Cricket Indonesia, Azis Syamsuddin (Suarapembaruan/Hendro Situmorang)

Jakarta - Pengurus Besar Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) bersiap memenuhi targetnya mengamankan satu medali emas untuk Kontingen Indonesia pada SEA Games Malaysia, 9-31 Aguatus 2017.

"Tahap pertama, kita fokus untuk meningkatkan prestasi tim kriket putra dan putri agar target satu medali emas bisa terpenuhi pada SEA Games Malaysia 2017," kata Ketua Umum PP PCI, Azis Syamsuddin disela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PCI di Hotel Century Park Jakarta, Minggu (19/3).

Peluang meraih satu emas di Malaysia ada pada tim kriket putri yang telah menunjukkan prestasi menggembirakan dengan meraih kemenangan dalam beberapa pertandingan uji coba di luar negeri menghadapi Tim Korea Selatan, Jepang, Malaysia dan Singapura.

"Perkembangan prestasi tim kriket putri mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Makanya, kita berani mentargetkan medali emas," katanya.

Meski telah mengungguli tim Malaysia dan Singapura yang menjadi saingan berat di SEA Games 2017, kata Azis, PP PCI tetap menyiapkan program uji coba bagi tim kriket putra dan putri yang akan digelar di Bali, 18-22 April 2017.

"Pokoknya, PP PCI akan all out untuk mendukung persiapan tim kriket Indonesia. Semua program yang telah disusun harus berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," katanya.

Usai menjalani latih tanding di Bali, tim kriket putra dan putri yang masing-masing beranggotakan 28 pemain akan tampil di Liga Cricket Indonesia (UCL) yang rencananya digelar Mei 2017. Untuk Liga Kriket Putri akan digelar di Bali dan Liga Kriket putra di Jakarta.

Usai Lebaran, PP PCI akan melakukan seleksi untuk menentukan pemain yang akan memperkuat Tim Krcket Indonesia terdiri dari 14 atlet putra dan 14 atlit putri. Kemudian, mereka akan menjalani pelatnas di Batam dan serangkaian uji coba dengan Malaysia dan Singapura.

Rakernas PCI yang dihadiri 18 Pengprov PCI akan mengevaluasi seluruh program yang telah dijalankan tahun 2016 dan menyusun program dalam menghadapi SEA Games Malaysia 2017, persiapan Asian Games Jakarta-Palembang 2018 dan PON Papua 2020.

Sementara Ketua Pengprov PCI Papua M Elbahar Conaras memastikan cabang olahraga kriket akan dipertandingkan pada PON Papua 2020. "Memang persyaratan cabang olahraga untuk tampil di PON Papua harus ada 18 tim daerah. Tapi, saya yakin persyaratan itu bisa dipenuhi PP PCI di bawah kepemimpinan pak Azis," jelas dia.

Elbahar Conaras yang juga staf ahli DPRD Papua mengungkapkan adanya rencana Papua membangun lapangan cricket di Timika yang bakal dipergunakan untuk PON Papua 2020. "Tim Kriket Papua sekarang melakukan latihan di Bali sebelum lapangan di Timika selesai," tutup dia



Suara Pembaruan

Hendro D Situmorang/CAH

Suara Pembaruan