Percha Leanpuri Siap Majukan Boling Indonesia

Percha Leanpuri Siap Majukan Boling Indonesia
Calon Ketua Umum PB PBI Percha Leanpuri (kedua dari kiri) bersama pendukungnya. ( Foto: Suara Pembaruan/Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / CAH Jumat, 7 Desember 2018 | 08:02 WIB

Munas Persatuan Boling Indonesia
Percha Leanpuri Siap Tingkatkan Prestasi Boling

Jakarta - Cabang olahraga boling harus dimasyarakatkan di berbagai pelosok Tanah Air, sehingga bisa ditingkatkan prestasinya. Langkah yang harus dilakukan adalah membangun lintasan boling di setiap provinsi termasuk kota besar dan yang paling diutamakan adalah Boling Goes to School sebagai titik awal pengembangan dan pembinaan olahraga ini.

Hal itu dikatakan Percha Leanpuri yang siap maju untuk pemilihan ketua umum periode 2018-2022 Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Boling Indonesia (PBI) yang digelar di Jakarta, Jumat (7/12). Sehari jelang perhelatan itu, Percha yang tak lain putri dari Gubernur Sumsel Herman Deru itu secara resmi mendaftarkan diri dan siap bertarung dalam perebutan kursi nomor satu di PBI.

"Saya sangat gregetan melihat prestasi boling nasional saat ini. Maka saya punya komitmen kuat untuk membawa olahraga ini ke arah prestasi lebih baik dari sebelumnya. Memang bukan perkara mudah untuk meraih prestasi tinggi di level dunia. Namun saya yakin potensi boling Indonesia menembus prestasi dunia sangat besar,” kata Percha yang didampingi perwakilan Pengprov PBI Sumsel, Sulut dan Riau itu di Jakarta, Kamis (6/12)

Diakui jangankan prestasi, olahraga melempar bola di lintasan ini pun sangat belum memasyarakat. Boling terkesan masih olahraga kaum berduit dan eksklusif, yang bagi masyarakat luas seakan sulit untuk ditekuni.

"Ya, saya ingin menghilangkan stigma eksklusivitas boling di masyarakat. Itu tekad saya jika terpilih sebagai Ketua PBI. Saya sudah siapkan program memasyarakatkan boling dan kaum muda yang berkeinginan menjadi atlet boling, tidak harus susah payah terbang ke kota lain (yang memiliki lintasan boling). PB pun akan mudah melakukan pembibitan atau pengkaderan atlet boling nasional," ujar mantan anggota DPD RI ini.

Pada tahun 2019, boling akan dihadapkan dengan SEA Games di Filipina yang dikenal gudangnya peboling-peboling berprestasi dunia. Yang pasti boling Indonesia harus lebih baik dibanding SEA Games sebelumnya di Kuala Lumpur, Malaysia 2017 yang mampu mendulang 2 medali emas.

Percha mengklaim sudah mendapat dukungan dari 10 pengprov dari total 16 suara anggota PBI, diantaranya Sumatera Selatan, Riau dan Pengprov Sulawesi Utara. Satu gebrakan yang akan dilakukan ketika terpilih adalah membuat langsung kejuaraan dunia boling di SUmsel, sehingga olahraga ini di Indonesia makin dikenal dan lebih memasyarakat.

Perwakilan Pengprov pendukung yang hadir dalam konferensi pers tersebut, menilai Percha sebagai sosok yang tepat untuk memimpin PBI periode mendatang. Percha dinilai memiliki visi dan komitmen untuk memajukan olahraga Boling. Sosok wanita ini menjadi pembeda di PBI yang selama ini dipimpin oleh kaum pria.

"Ibu Percha memiliki visi dan misi yang sangat dibutuhkan selama ini. Ibu Percha mempunyai komitmen tinggi untuk memajukan boling nasional. Dan beliau seorang wanita," jelas Nirmala Dewi, Wakil Ketua Pengrov Sumsel.

Ketua Pengprov PBI Sulut, Jimmy Senduk mengatakan alasan daerah mengusung nama Percha sebagai calon Ketua Umum PBI periode empat tahun ke depan karena masih muda, enejik dan punya komitmen tinggi.

”Jadi kami dari daerah juga tak sembarang mengusung calon karena ini menyangkut masa depan boling Indonesia. Kami yakin dan optimis di bawah kepemimpinan Ibu Percha, boling Indonesia bisa bangkit terutama mengembalikan tradisi medal emas Asian Games. Kami menilai, sosok Percha sangat cocok memimpin boling Indonesia apalagi di era milenial ini, olahraga boling harus banyak diperkenalkan," jelasnya.

Percha kemungkinan akan berhadapan dengan kandidat lainnya, yakni petahana Suryo Bambang Sulistyo



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE