Ilustrasi pertandingan bola voli Proliga.

Solo - Tim Putra Palembang Bank Sumselbabel berhasil mengalahkan Surabaya Samator dengan skor 3-1 pada pertandingan bola voli putaran pertama minggu ketiga Proliga 2013 di GOR Sritex Arena Solo, Jawa Tengah, Jumat (1/3) malam.

Pertandingan tim putra Bank Sumselbabel melawan Surabaya Samator itu disaksikan sekitar seribuan penonton dan berlangsung , dimana kedua tim yang diperkuat pemain asingnya saling menyerang.

Tim Bank Sumselbabel yang diperkuat pemain asingnya Poey Romero Raydel kelihatan menonjol dengan smas-smas tajamnya, servis keras yang sering mematikan lawan menyelesaikan set pertama dengan 25-23.

Bahkan, tim Sumselbabel kerja sama yang dikoordinir kapten Brian Alfianto pada set kedua juga berhasil menyelesaikan dengan skor 25-23.

Memasuki set ketiga, tim Surabaya Samator yang mengandalkan pemain lokal mampu mengimbangi kebringasan pemain Sumselbabel. Pemain Bagus Wahyu, Ahmad Faizal, Samsul Kohar dengan smas-smas tajam gagal diblok pemain lawan sehingga poin demi poin berhasil unggul dalam perolehan nilai.

Bagus Wahyu dengan melakukan smas yang keras ke arah lawan dan lolos dari blok pemain Bank Sumselbabel sehingga bolanya masuk, menyelesaikan set ketiga dengan skor 21-25 untuk Surabaya Samator.

Pada Set ketiga penentuan bagi Sumselbabel meningkatkan tempo permainan dengan melakukan smas-smas keras yang dilakukan Raidel, Adi Sucipto, Usep Suparman sering bolanya lolos dari blok pemain lawan.

Sebaliknya, Surabaya Samator yang tidak mau kalah begitu saja dan ingin menyudahi pertandingan, menyamakan kedudukan terus mengimbangi permainan lawan. Bahkan, Sumselbabel dalam set penentuan saling kejar-kejaran nilai.

Surabaya Samotor yang unggul duluan pada set keempat 24-22 berhasil disamakan kedudukan oleh Sumselbabel dengan skor 24-24, sehingga terjadi deuce. Sehingga, Sumselbabel dalam deuce harus bisa mengumpulkan selisih dua angka atas Samator.

Namun, pemain Sumselbabel Poey Romero Raydel yang melakukan servis keras dan masuk di tempat yang kosong Surabaya Samator akhirnya mampu menyelesaikan set keempat dengan skor 32-30, sehingga kedudukan menjadi 3-1.

Asisten Pelatih Tim Putra Surabaya Samator, Ibarsjah Djanu Tjajono, mengatakan, kekalahan timnya karena pemain asing milik Sumselbabel memang luar biasa smas dan servisnya sulit ditebak.

"Tim Palembang Bank Sumselbabel memang calon juara kompetisi Proliga tahun ini," katanya.

Selain itu, wasit dalam pertandingan sering merugikan timnya. Wasit memang manusia tidak luput dari kesalahan, tetapi ke depan agar lebih jeli dalam memutuskan setiap pertandingan.

Pelatih Palembang Bank Sumselbabel Mashudi, mengatakan, pihaknya puas dengan permainan anak-anak, tidak diduga mampu mengalahkan Surabaya Samator.

"Kami memang meminta jika ingin menang lakukan servis yang mematikan dan smas yang bisa mengumpulkan poin. Hal ini, sudah dibuktikan di lapangan oleh anak-anak," katanya.

Kendati demikian, pihaknya minta maaf kepada penonton karena pemain asingnya belum bisa bermain maksimal saat timnya mengalahkan Samator. Kami banyak diuntungkan dengan pemainnya memiliki servis keras yang menyulitkan lawan," katanya.


Jakarta Pertamina Energi menundukkan Jakarta BNII 46
Sementara pada pertandingan terakhir tim putri Jakarta Pertamina Energi berhasil mengalahkan Jakarta BNI 46 dengan tiga set yakni 25-19, 25-23, dan 25-22.

Meskipun, tim putri Pertamina berhasil mengalahkan BNI dengan tiga set, tetapi dalam perolehan angka Yunita Sari dan kawan-kawan sering saling mengejar.

Tim Putri Pertamina yang diperkuat tiga pemain asing yakni Tassia Oliviera, Arianne Tolentino, dan Wivian Carine yang kelihatan lebih menonjol dengan smas-smas tajam sering bisa menembus blok pemain BNI 46.

Sebaliknya, Tim BNI 46 yang mengandalkan Yolla Yuliana dan Courtney Karst yang berupaya mengimbangi permainan lawan dengan smas-smasnya, tetap akhirnya menyerah dengan skor 3-0 untuk Putri Pertamina.

Penulis: Yudo Dahono/YUD

Sumber:Antara