Kisah di Bawah Langit, Kumpulan Feature 71 Mahasiswa UAJY i

Sebanyak 71 Mahasiswa UAJY luncurkan buku Kisah di Bawah Langit, Senin 12 Juni 2017.

Oleh: L Gora Kunjana / GOR | Selasa, 13 Juni 2017 | 03:09 WIB

YOGYAKARTA– Sambil menyelam minum air. Barangkali ini yang dialami sebanyak 71 mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) saat mengambil mata kuliah Penulisan Naskah Feature (PNF).

Betapa tidak, selain memperoleh ilmu penulisan feature, mereka mendapatkan beragam nilai moral yang tidak diperoleh di dalam kelas saat proses pengerjaan tulisan mereka, dan buku hasil karya bersama.

Ya, sebagai puncak tugas akhir PNF semester ganjil tahun 2017, mahasiswa yang mengambil mata kuliah PNF tersebut harus menulis feature dengan tema human interest dan dikumpulkan menjadi sebuah buku.

Hasil jerih payah mereka pun terbayar ketika meluncurkan buku berjudul “Kisah di Bawah Langit”di Kedai Laliwayah, Yogyakarta, Senin (12/6).

Kisah di Bawah Langit menggambarkan proses mereka bertemu orang-orang biasa, yang ternyata mampu melakukan hal-hal luar biasa bagi sesama. Mereka mengakui mendapat pengalaman berharga saat terlibat langsung di lapangan, berinteraksi dengan karakter dan dinamika tiap narasumbernya.

Pembuatan buku sebagai tugas PNF ini telah memasuki tahun ke empat. Sebelumnya, buku-buku lain juga diterbitkan dengan tema yang berbeda pula. Ada maksud tersendiri di balik penerbitan buku-buku ini.

“Sangat disayangkan kalau tulisan mahasiswa hanya berakhir di atas kertas, padahal tulisan itu bisa menjadi satu karya mereka untuk menambah portfolio. Buku itu merupakan salah satu hal yang bisa dibanggakan tiap anak,” jelas Birgitta B Puspita, dosen pengampu mata kuliah PNF.

Untuk edisi perdana tahun ini, Kisah di Bawah Langit diterbitkan sebanyak 100 buku.

“Hidup kita hanyalah sebagian dari kisah banyak orang. Mereka telah melakukan lebih banyak aksi, daripada yang telah kita lakukan. Kalau buat aku, buku ini bisa menjadi motivasi agar menjadi lebih baik ke depannya,” ungkap Ervan NR, salah satu penulis buku “Kisah di Bawah Langit”.

 




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT