Hubungan jarak jauh.
Hubungan jarak jauh bukan halangan untuk menjaga komitmen.

Ketika sebuah pasangan dipisahkan oleh jarak, seharusnya bukan halangan untuk tetap menjadikan hubungan tersebut mantap dan berjalan baik. Justru bisa dijadikan cara untuk menguji komitmen dan kepercayaan.

Jika Anda sedang menjalin hubungan jarak jauh, tidak perlu khawatir. Kami memiliki tips agar hubungan jarak jauh Anda berjalan sukses.

1. Gunakan telepon
Pasangan yang memiliki hubungan jarak jauh biasanya melepas rindu dengan menelepon pacar selama berjam-jamu. Namun, biasanya mereka terbentur kendala mahalnya biaya pulsa yang harus dikeluarkan. Pulsa yang baru dibeli tiba-tiba saja sudah habis.

Namun, jika Anda benar-benar ingin menjalani hubungan jarak jauh, seharusnya hal itu tidak menjadi masalah besar. Hal itu, yaitu komunikasi, menjadi hal penting agar hubungan Anda tetap baik-baik saja.

Berita baiknya adalah ada beberapa cara untuk mendengarkan suara pasangan Anda tanpa harus mengeluarkan pulsa yang mahal, salah satunya adalah menggunakan VoxOx, aplikasi di internet yang mirip dengan Skype. Dengan cara itu, Anda tetap dapat berkomunikasi dengan pasangan Anda tanpa harus memikirkan pulsa.

2. Gunakan alat komunikasi yang lain
Jika pasangan Anda tidak dapat ditelepon, kirimkanlah email atau chat. “Jika Anda sedang meeting di negara yang jauh, selalu menyenangkan ketika menerima pesan singkat yang mengabarkan keadaan di sana,” ujar Paul A Falzone, CEO The Right One and Together Dating, jasa layanan kencan. “Tentukan waktu setiap hari untuk saling mengirim pesan.”

Dengan tingkat kesibukan yang sangat tinggi dan banyak hal yang harus dikerjakan, terkadang kita lupa untuk berkomunikasi dengan pasangan. Menggunakan alat komunikasi yang lain dapat membantu Anda untuk tetap berkomunikasi dengan pasangan.

3. Jaga romantisme
Anda dan pasangan mungkin saja tidak bertemu setiap hari, tetapi Anda wajib untuk menjadi api cinta tetap menyala. “Kirimkanlah sesuatu, seperti kado, lagu cinta, atau makan siang ke tempat pasangan Anda,” kata Falzone.
“Secara fisik, Anda tidak setiap hari berada di samping pasangan untuk melihat bagaimana reaksinya ketika Anda memberikan sesuatu. Pasangan Anda tentu merasa sangat bahagia ketika dikirimkan sesuatu, yang berarti Anda masih perhatian.”

4. Saling mengunjungi
Sesekali kunjungilah pasangan Anda secara bergantian. “Pastikan Anda bergantian saling mengunjungi pasangan,” kata Debra Berndt, pakar percintaan dan penulis buku Let Love In. “Dengan begitu, Anda jadi tidak merasa bersalah karena pasangan Anda telah menempuh perjalanan jauh untuk tetap menjalin hubungan, sebab Anda pun melakukan hal yang sama.”

5. Jangan masukkan ke dalam hati
Ada kalanya sesuatu tidak berjalan sesuai yang kita inginkan. Karena itu, persiapkanlah diri Anda. Mengingat Anda dan pasangan tinggal terpisah, ada kemungkinan Anda juga akan pindah dari kota itu. Jika Anda tetap berpikiran positif, hubungan Anda tetap akan baik-baik saja.

“Perubahan rencana akan selalu ada. Masalah pekerjaan dan keluarga selalu muncul dalam kehidupan. Itu normal. Jika pasangan Anda membatalkan liburan bersama, jangan terlalu dimasukkan ke dalam hati. Sebagai gantinya, buatlah janji lain yang lebih besar,” kata Berndt. “Ingat, Anda telah setuju untuk menjalani hubungan tersebut, jadi harus siap menanggung risikonya.”

Penulis: