Ilustrasi kebohongan lelaki
Perhatikan setiap gerak tubuhnya apabila ia sedang berbohong.

Ada banyak tanda yang bisa kamu ketahui dari pasangan apabila ia sedang berbohong. Mulai dari gerak tubuhnya, pandangan matanya hingga tutur bicaranya. Ini dia tanda-tanda bahwa ia sedang membohongimu.

1. Pandangan mata tidak fokus
Ketika sedang berbicara dengan Anda, ia jarang melakukan kontak mata. Perhatikan dengan jeli kedua matanya. Jika ia mengalihkan pandangan mata dan terus menatap ke segala sisi. Bisa saja ada yang sedang ia sembunyikan darimu.

2. Kontak mata yang berlebihan
Selain matanya tidak fokus, ternyata melakukan kontak mata yang berlebihan mengartikan bahwa seseorang sedang berbohong. Apabila ia tidak mau melepas pandangannya dari mata Anda bisa saja ia sedang melakukan kebohongan, karena ia merasa, Anda akan percaya dengan perkataannya apabila ia melakukan kontak mata terus menerus.

3. Memasukkan tangannya di saku celana
Coba cek tangannya saat berbicara padamu. Jika tangannya dimasukkan terus ke dalam saku celananya sembari memperlihatkan gerak-gerik yang aneh, berarti ia sedang menyembunyikan sesuatu dari Anda. Hati-hati ladies!

4. Mengarang cerita
Coba perhatikan setiap topik yang ia ceritakan. Apakah terdengar seperti mengarang cerita?Apakah yang ia ceritakan seperti tidak masuk akal atau bahkan jauh sekali dari karakternya? Bisa saja ia sedang membohongi Anda.

5. Mengangkat bahunya berkali-kali
Ketika bercerita dia selalu saja terlihat mengangkat bahunya. Ini bisa jadi pertanda bahwa ada sesuatu yang ia sembunyikan. Terlihat ia tidak nyaman dan terkesan aneh.

6. Seorang pembohong tidak dapat mengingat ceritanya
Apabila ia pernah mengatakan suatu cerita bohongnya, dan Anda menanyakan kembali tentang cerita itu, percayalah ia pasti tidak dapat mengulang kembali ceritanya. Karena apa? Jelas cerita yang pernah ia katakan pada Anda adalah cerita bohong.

7. Jeda yang Panjang
Nah, tanda ini mungkin sering Anda temui. Jika Anda menanyakan suatu hal dan ia menjawabnya dengan sangat lama berrti ia sedang berusaha untuk membohongi Anda. Ada jeda yang panjang antar kalimat, dan ia berpikir terlalu lama. Bisa saja ia berusaha mengarang cerita.

Penulis: