Ilustrasi kemesraan pasangan berusia 40-an tahun
Usia bukanlah penghalang untuk tetap fit saat melakukan hubungan seks.

Pepper Schwartz, Ph.D., juru bicara untuk Replens dan pengarang PRIME: Adventures and Advice on Sex, Love and The Sensual Years menjawab beberapa pertanyaan yang paling mendesak tentang seks.

Dengarkan nasihat bijak dia tentang memicu keintiman setelah usia 40, bagaimana merasakan keinginan untuk pasangan Anda lagi dan mengapa gadget dapat mengganggu sensualitas bahkan ketika mereka tidak secara fisik berada di tempat tidur.

Bagaimana menghidupkan kehidupan seks Anda saat memasuki usia di atas 40 tahun?
"Lakukan pemeriksaan dari kepala hingga ke jari kaki Anda, dan mulai berpikir 'Apakah, saya menyukainya dan menikmatinya? Apa hati Anda berkata, 'Apakah saya melakukannya dengan benar?' Dan kemudian Anda turun ke bagian-bagian fungsi tubuh yang bekerja saat melakukan hubungan seks. Sebagai contoh, seiring bertambahnya usia, kulit kita kehilangan banyak elastisitas yang dimiliki, dan jika Anda mengalami sakit selama hubungan seksual, misalnya, di bagian yang berhubungan dengan kegiatan  seks, atau bisa saja vagina Anda merasa selalu kering ketika berhubungan.

Cara cepat supaya merasa lebih seksi di tempat tidur?
"Jika Anda ingin melakukan sesuatu yang membuat Anda merasa sedikit lebih sensual, bagaimana jika mengenakan gaun tidur yang benar-benar seksi? Cobalah dengan pakaian tidur dengan bahan sutra. Karena sutra membuat kulit Anda merasa benar-benar hebat dan bahannya yang halus memberikan lekuk tubuh Anda terlihat jelas. Redupkan lampu kamar  Anda. Ubahlah kamar tidur Anda sedikit. Ini akan mengubah mood Anda dan cara Anda dalam merasa seksi saat di tempat tidur.

Jauhkan diri dari gadget dan teknologi ketika sedang ingin bercinta
Beri sedikit waktu untukmu dan pasangan dalam menghabiskan waktu berdua. Mungkin dengan cara berbicara santai di tempat tidur atau di ruang makan sembari minum secangkir teh bersama-sama, secangkir kopi, segelas anggur, dan mengatakan hal-hal yang menarik bagi kalian berdua.

Ambil napas dalam-dalam, nikmati setiap waktu bersama-sama, dan Anda akan melihat ke depan bahwa dengan begini, hubungan Anda dan pasangan akan selalu romantis. Perlahan-lahan dengan menjauhkan ketergantungan dari gadget dan teknologi, komunikasi Anda akan berjalan baik, lancar dan akhirnya mengembalikan gairah bercinta Anda berdua.

Penulis: