7 Kemampuan yang Dibutuhkan untuk Hubungan Langgeng

()

Oleh: | Selasa, 25 Sepember 2012 | 06:37 WIB
"Tak peduli apa kepribadian Anda, atau tahap hubungan di titik apa, selalu memperbaiki kemampuan-kemampuan di bawah ini akan membantu hubungan pasangan lebih baik,"

Menurut penelitian yang dilakukan lembaga penelitian Dr Robert Epstein oleh Regina Warfel dan James Johnson, ada 7 kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk membuat hubungan langgeng yang bahagia.

"Tak peduli apa kepribadian Anda, atau tahap hubungan di titik apa, selalu memperbaiki kemampuan-kemampuan di bawah ini akan membantu hubungan pasangan lebih baik," kata dr Epstein.

1. Komunikasi
Kategori ini melibatkan kemampuan-kemampuan penting; tahu bagaimana menyimak, berbagi pikiran dan perasaan dengan jujur, menahan diri untuk mengkritik, dan mendorong pasangan untuk mengutarakan perasaannya.

2. Resolusi konflik
Kemampuan untuk menyelesaikan konflik termasuk: tetap fokus pada topik saat adu argumen, fokus pada kehadiran, siap memaafkan atau minta maaf, dan tahu kapan harus rehat saat berdebat.

3. Memahami pasangan
Pengetahuan tentang pasangan adalah hal penting untuk dipelajari. Tahu tentang ukuran pakaiannya, makanan kesukaannya, hal-hal yang ia ingini, ia takuti, dan sebagainya. Pengetahuan tentang siapa dan bagaimana si pasangan adalah hal penting untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan si dia.

4. Kemampuan bertahan hidup
Apakah Anda memiliki rencana untuk menghadapi hal-hal darurat? Apakah Anda menjaga tubuh tetap sehat dan bugar?

Studi menunjukkan, kebanyakan orang berharap pasangannya akan berkontribusi terhadap suatu sisi keamanan dalam hubungan jangka panjang. Banyak orang berharap, pasangannya akan menjaga diri, agar ia bisa tetap ada hingga waktu yang lama.

5. Manajemen diri
Ini tidak sama dengan kemampuan bertahan hidup. Orang-orang yang tahu cara menjaga dan mengatur diri umumnya paham kelemahan dan kelebihan diri, serta akan berusaha memperbaiki diri. Mereka tahu bagaimana menghadapi keadaan yang tak nyaman dengan positif, serta akan bekerja keras mencapai impiannya.

6. Seks dan romansa
Orang-orang yang punya kemampuan baik di area ini tahu bagaimana memuaskan dan menyayangi pasangannya, bisa menyisihkan waktu untuk menciptakan keintiman, menahan diri dari menyalahkan pasangan atas seks tak memuaskan, dan mencoba untuk selalu tampil menarik untuk pasangannya.

7. Manajemen stres
Mampu mengkontrol stres, marah, dan emosi negatif lainnya akan sangat berguna untuk membuat Anda menjadi pasangan yang mampu mencintai dan mendorong pasangan sepenuh hati.

Sumber:
ARTIKEL TERKAIT