Ketua DPR Marzuki Alie (tengah) dan empat Wakil Ketua DPR, Mohamad Sohibul Iman (kiri), Priyo Budi Santoso (kedua kiri), Pramono Anung Wibowo (kedua kanan) dan Taufik Kurniawan (kanan) memimpin rapat paripurna DPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Jakarta - Pemerintah berencana akan mengajukan rancangan Anggran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RPBN-P) 2013 besok (14/5).

RAPBN-P tersebut pun diharapkan rampung dan dapat disahkan menjadi APBN-P pada awal Juni 2013.

Ketua DPR RI Marzuki Alie menuturkan, dalam masa sidang IV 2013, pemerintah akan menyampaikan laporan realisasi semester I dan prognisis semester II APBN tahun 2013.

Untuk itu, memperhatikan situasi yang berkembang terkait dengan deviasi asumsi makro APBN 2013, maka menurut dia, pengajuan RUU APBN-P 2013 akan dipercepat.

"Pemerintah akan sampaikan usulan RAPBN 2013 besok, 14 Mei 2013 (hari ini) dan akan rampung awal Juni 2013. Untuk itu, DPR siap membahas rancangan APBN-P 2013," ujar Marzukie dalam pembukaan masa persidangan IV DPR RI Tahun Sidang 2012-2013 di Jakarta, Senin (13/5).

DPR pun menurut dia, melihat masih adanya sejumlah permasalahan dalam pelaksanaan APBN 2013, antara lain keterlambatan penyerapan anggaran di awal tahun dan penumpukkan penyerapan di akhir tahun yang terjadi bukan hanya pada pemerintah pusat, tetapi juga pemerintah daerah.

Adapun Persoalan lainnya adalah masih tingginya beban susbdi di berbagai sektr dengan konsekuensi semakin sempitnya ruang gerak fiskal nasional untuk memenuhi kebutuhan mendesak seperti pengambungan infrastruktur dan serangkaian program pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan secara umum." ungkap dia.

Investor Daily

Penulis: NTI/YUD

Sumber:Investor Daily