Sejumlah pengendara motor antre untuk mengisi bahan bakar di SPBU dikawasan Cikini, Jakarta Pusat

Jakarta - Teka-teki kapan pemerintah akan mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai terjawab. Informasi yang diperoleh SP menyebutkan pengumuman kenaikan harga BBM akan dilakukan Jumat (21/6) malam.

Pengumuman akan dilakukan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik dan para menteri terkait.

"Rencanaya begitu. Semoga tidak ada perubahan," kata sumber di Istana Presiden, Kamis (20/6) pagi.

Ia menjelaskan pengumuman semata-mata menunggu proses administrasi setelah rapat paripurna DPR, Senin (17/6) lalu. Pengumuman dipercepat bukan karena takut demonstrasi semakin meningkat.

"Putusan rapat paripurna DPR dikirim dulu ke Sekretaris Negara (Setneg) untuk dicatat di lembaran negara. Kemudian lanjut ke menteri keuangan untuk dijadikan dasar penerbitan DIPA kompensasi. Setelah itu diumumkan," ujarnya.

Juru Bicara Kepresidenan, Julian A Pasha yang diminta tanggapan terkait informasi tersebut tidak memberikan jawaban. Pesan singkat yang dikirim ke nomor handphone-nya tidak dibalas.

Sementara Staf Khusus Presiden bidang Pembangunan Ekonomi, Firmazah menyatakan tunggu saja pengumuman resminya. Dia tidak membantah, tetapi juga tidak mengiyakan bahwa pengumuman dilakukan Jumat malam.
"Ditunggu saja," kata Firmanzah melalui pesan singkat.

Untuk mempersiapkan pengumuman itu, hari ini sekitar pukul 14.00 WIB, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin rapat kabinet yang dihadiri semua menteri dan pejabat-pejabat lain yang terkait dengan kebijakan BBM. Rapat membahas tindak lanjut APBN-P tahun 2013 yang telah disahkan DPR, sekaligus mendengar laporan pelaksanaan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

Suara Pembaruan

Penulis: R-14/AB

Sumber:Suara Pembaruan