Kemendes: 2017, Dana Desa Capai Rp 1 Miliar

Kemendes: 2017, Dana Desa Capai Rp 1 Miliar
Desa nupamua kec. tanantovea kab. donggala adalah penerima dana desa yang anggarannya dimanfaatkan untuk pembangunan saluran air bersih.
Kunradus Aliandu / NAS Selasa, 27 September 2016 | 22:08 WIB

Padang - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi mengatakan, tiap desa akan menerima sekitar Rp 1 miliar pada 2017.

"Jika pada 2016, tiap desa menerima Rp 614 juta, maka pada 2017 setiap desa akan menerima Rp 1 miliar sebagai Dana Desa," ujar Anwar dalam acara Ekspo Potensi Desa di Padang, Sumatera Barat, baru-baru ini.

Dia mengatakan, peningkatan jumlah Dana Desa tersebut karena komitmen pemerintah yang tinggi dalam membangun desa. Dibandingkan pada awal pemberian Dana Desa, kata dia, tiap desa hanya menerima Rp 250 juta.

Anwar pun berharap dengan peningkatan jumlah tersebut, sejumlah desa tertinggal bisa terentaskan. "Perlakuan yang seadil-adilnya untuk desa adat. Kami tidak ingin ada desa yang mendapatkan perlakuan berbeda. Dengan demikian, kami berharap desa bisa maju dan berkembang mensejahterakan warganya," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengeluhkan Dana Desa yang nilainya tidak sebanding dengan jumlah penduduk.

"Kalau di Pulau Jawa, jumlah penduduknya 400 ribu jiwa tapi jumlah desanya mencapai 18 desa, tapi di sini satu nagari jumlah penduduknya mencapai ratusan ribu jiwa," kata dia seperti dikutip Antara.

Irwan juga meminta agar Dana Desa tidak dipotong tapi justru dinaikkan untuk tahun berikutnya, tujuannya agar pembangunan di desa semakin merata.



Sumber: Investor Daily