BNN Jakut Gandeng Pemkot Jalankan Program Rehabilitasi

BNN Jakut Gandeng Pemkot Jalankan Program Rehabilitasi
BNN Jakut dan jajaran Pemkot Jakut melaksanakan kerja sama sinergis dalam program sosialisasi rehabilitasi narkoba bagi para pecandu di Kemayoran, Jakarta Pusat, 14 Maret 2018. ( Foto: BeritaSatu Photo / Carlos Roy Fajarta )
Carlos Roy Fajarta / BW Rabu, 14 Maret 2018 | 13:49 WIB

Jakarta- Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara terus meningkatkan program rehabilitasi di kalangan pengguna narkoba dengan menggandeng Pemkot Jakarta Utara di berbagai puskesmas dan fasilitas kesehatan (faskes).

Peran rehabilitasi memang menjadi salah satu prioritas dari BNN di bawah kepemimpinan Kepala BNN Irjen Heru Winarko, selain melanjutkan pemberantasan.

Kepala BNN Jakarta Utara, Yuanita Amelia Sari menyebutkan, pihaknya sengaja menggandeng pemkot karena memiliki jaringan hingga RT dan RW dalam melakukan penyuluhan hingga sosialisasi rehabilitasi kepada masyarakat.

"Narkoba ini adalah musuh kita bersama dan perkembangan penyalahgunaan sangat meningkat drastis di tengah keluarga kita. Kami menjalin kerja sama sinergis dengan pemkot untuk menyelamatkan generasi muda kita dari bahaya narkoba," ujar Yuanita, Rabu (14/3).

Dari pemetaan BNNK Jakut, wilayah Koja, Warakas, Tanjung Priok, dan Pegangsaan Dua memiliki jumlah pengguna narkoba dalam jumlah signifikan sehingga perlu dilakukan rehabilitasi secara sukarela dengan menggerakkan RT/RW.

"Identitas dijamin kerahasiaannya dan tidak akan dipidanakan, serta bila ada kemauan untuk berhenti menggunakan narkoba maka peluang untuk sembuh total sangat besar," tambahnya.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Junaedi mendukung penuh gerakan rehabilitasi narkoba yang dilakukan BNNK.

"Puskesmas kelurahan dan RS kecamatan kita itu sudah sangat mumpuni untuk melakukan rehabilitasi narkoba. Penyembuhan narkoba bagi para pecandu penting karena mereka perlu rehab untuk bisa kembali normal dan sembuh," kata Junaedi.



Sumber: Suara Pembaruan