Polresta Bogor Tangkap Dua Terduga Penipu di ATM

Polresta Bogor Tangkap Dua Terduga Penipu di ATM
Ilustrasi ( Foto: Istimewa )
Vento Saudale / CAH Rabu, 14 Maret 2018 | 17:09 WIB

Bogor – Polresta Bogor Kota mengamankan dua terduga penipuan NZ dan D kemarin. Keduanya ditangkap setelah melakukan penipuan dengan cara menukar kartu anjungan tunai mandiri (ATM) di RSUD Kota Bogor.

Kapolresresta Bogor Kota, Komisaris Besar Ulung Sampurna Jaya menjelaskan, kedua pelaku ditangkap setelah tertangkap tangan melakukan penipuan di gerai anjungan RSUD Kota Bogor, Jalan Cilendek, Bogor Barat.

Antara korban dan dua pelaku bertemu di gerai anjungan. Pelaku mengaku kesulitan ketika mencoba mentransfer sejumlah uang melalui anjungan. Kemudian pelaku meminta tolong kepada korban agar dipinjamkan kartu ATM untuk melakukan pengiriman uang sembari diajari cara mentransfer uang.

“Nantinya uang calon korban akan diganti dengan uang tunai dengan sejumlah nilai yang dipinjamkan. Pelaku juga menjanjikan melebihkan nominal sebagai imbalannya,” kata Ulung di Mapolresta, Rabu (14/3).

Setelah melakukan transaksi, korban mencoba melakukan pengecekan kartu ATM miliknya. Setelah dicoba, ternyata tidak bisa lalu korban pun melapor petugas keamanan dan menangkap tangan kedua pelaku.

“Modus mereka dengan cara menukar kartu ATM korban dengan kartu ATM yang serupa tetapi kadarluarsa,” kata Ulung. Dari pengakuan pelaku diketahui sudah melakukan aksi ini sebanyak lima kali di Jakarta. Di Bogor baru sekali dan ketahuan. Pelaku juga mengaku tinggal di Depok dan Cisarua.

Saat ini polisi sedang melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap pelaku dan mencari apakah ada sindikat tertentu yang lebih besar di belakangnya. Para pelaku akan dijerat dengan Pasal Penipuan 378 KUHP dengan ancaman empat tahun penjara.

 



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE