Hakim Tinjau Lokasi Konsesi Pantai Marunda

Hakim Tinjau Lokasi Konsesi Pantai Marunda
Suasa konsesi dermaga di pantai Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. ( Foto: BeritaSatu Photo / Carlos Roy Fajarta )
Carlos Roy Fajarta / BW Rabu, 16 Mei 2018 | 23:51 WIB

Jakarta- Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara menggelar sidang dengan meninjau lapangan terkait perkara konsesi Pantai Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Peninjauan lapangan tersebut merupakan bagian dari agenda persidangan untuk mencari bukti dan fakta fisik di lapangan terkait sengketa konsesi antara PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) dengan PT Karya Citra Nusantara (KCN).

Kuasa Hukum PT KCN, Yevgeni Yasyuru, mengatakan majelis hakim ingin mengetahui langsung objek yang digugat sesuai Keputusan Presiden (Keppres) No 11 Tahun 1992 tentang Penunjukan dan Penetapan Wilayah Usaha KBN.

"Apabila dilihat perbandingan di bibir pantai sebelum dan sesudah direvitalisasi seperti saat ini, gundukan lahan yang ada ini merupakan perairan. Dalam Keppres yang menjadi lahan usaha disebut tanah," ujar Yevgeni, Rabu (16/5).

Lokasi yang ditinjau majelis hakim sudah dikelola oleh KCN dengan membangun pelabuhan secara prosedural dikelola berdasarkan konsesi dengan membayar pemasukan kepada negara.

“Dermaga yang dibangun di pinggir pantai merupakan batas usaha KBN, tetapi bukan wilayah usaha. Oleh sebab itu kita diwajibkan konsesi sesuai UU Nomor 17 Tahun 2008," tambahnya.

Kuasa Hukum PT KBN, Hendra Gunawan, mengatakan gugatan ia ajukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1992, di mana batasan usaha sesuai aturan masih ada.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE