Sandiaga Resmikan Pusat Oleh-oleh Betawi di Kampung Betawi Ancol

Sandiaga Resmikan Pusat Oleh-oleh Betawi di Kampung Betawi Ancol
Ilustrasi pedagang kerak telor ( Foto: Istimewa )
Lenny Tristia Tambun / Carlos Roy Fajarta / FER Rabu, 13 Juni 2018 | 19:39 WIB

Jakarta - Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno meresmikan pusat oleh-oleh Betawi di Kampung Betawi, Kawasan Pasar Seni, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara (Jakut), Rabu (13/6) petang.

Terdapat 42 UMKM cenderamata dan 60 UMKM berbasis kuliner yang bekerja sama dalam kawasan tersebut. Pendirian Pusat oleh-oleh Betawi ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol, dan Komunitas OK OCE Smart.

"Dengan keberadaan pusat oleh-oleh Betawi, kita harapkan UMKM, mereka yang tadinya made to order bisa jadi sekarang tampil sebagai penjual langsung oleh-oleh Betawi. Kadang-kadang orang-orang kan bingung beli oleh-oleh Betawi di mana. Nah, salah satunya sekarang bisa beli di Taman Impian Jaya Ancol khususnya di Pasar Seni," kata Sandiaga.

Sandiaga mengharapkan, Kampung Betawi di Ancol ini dapat menunjukkan Jakarta sebagai kota berbudaya dan menunjukkan keberadaban khasnya yaitu Betawi. Sehingga generasi muda atau millenial dapat semakin mengenal kebudayaan Betawi di tanahnya sendiri.

Karena itu, pihaknya mengapresiasi pusat oleh-oleh kebudayaan Betawi yang akan membantu UMKM binaan OK OCE untuk memasarkan hasil usahanya. Ditambah lagi konsep Kampung Betawi ini sendiri merupakan pertama kalinya yang hadir di Taman Impian Jaya Ancol.

Apalagi, pada hari libur Lebaran, diperkirakan akan ada 1,2 juta pengunjung yang akan masuk ke Ancol dalam waktu satu hingga dua pelan kedepan.

"Berarti ini pasar yang sangat menjanjikan buat para UMKM. Di sinilah penciptaan lapangan kerja, bagian dari pemasaran bagi teman-teman OK OCE dan UMKM. Dan kita buat ini showcase, kesempatan mereka untuk menjual produk-produk mereka," jelasnya.

Berdasarkan pantauan, Pusat oleh-oleh Betawi ini akan menjajakan kuliner khas betawi seperti kerak telor, dodol betawi, hingga bir pletok. Pusat oleh-oleh betawi ini sendiri bersuasana kampung dengan diiringi kesenian musik, pertunjukan palang pintu, maupun pemasaran batik dengan motif khas Betawi.



Sumber: BeritaSatu.com