Siloam Hospitals Hadirkan Suasana Lebaran Bagi Pasien

Siloam Hospitals Hadirkan Suasana Lebaran Bagi Pasien
Salah satu pasien rawat inap Siloam Hospitals Lippo Village Tangerang, menerima bingkisan lebaran dan kartu ucapan Idulfitri dari manajemen rumah sakit, 14 Juni 2018. ( Foto: Istimewa )
Hendro D Situmorang / HA Kamis, 14 Juni 2018 | 21:32 WIB

Tangerang - Pasien rawat inap Siloam Hospitals Lippo Village Tangerang tetap bisa merasakan suasana hari kemenangan Idulfitri meski terbaring di rumah sakit. Hal itu diutarakan beberapa pasien saat menerima bingkisan buah kurma dan ucapan selamat hari Lebaran dari manajemen Siloam Hospitals.

"Terima kasih atas bingkisan kecil ini dan kartu ucapan yang disampaikan pihak manajemen Siloam Hospitals secara langsung. Saya dan keluarga sangat tersentuh akan bentuk kepedulian sehingga merasakan adanya suasana Lebaran di rumah sakit ini di hari yang fitri ini," ucap salah satu pasien rawat inap, Fifi Fitriani di Tangerang, Kamis (14/6), atau hari terakhir Ramadan 1439 Hijriah.

Suami Fifi, Prasetyo, mengatakan bentuk perhatian yang diberikan pihak rumah sakit memberikan rasa kepuasan tersendiri karena layanan terbaik yang diterimanya selama istrinya dirawat di Siloam Hospitals Lippo Village. Ia tidak permasalahkan harus berlebaran di rumah sakit, karena merayakan Idul Fitri bisa dirayakan di mana saja.

"Walaupun ini hari Lebaran, pelayanan yang diberikan tetap sama dengan hari biasa. Dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya, tetap memberikan layanan berkualitas dan terbaik bagi kami, apalagi istri baru saja dioperasi tumor otak, sehingga butuh perhatian lebih dari tenaga medis disini tentunya. Rekomendasi teman dan saudara terkait rumah sakit ini, ternyata benar-benar terbukti meski kami tinggal di Depok," ungkap Prasetyo.

Sementara Hendar Widayat, pasien demam berdarah, merasa sangat diperhatikan pada H-1 Lebaran ini. Tenaga medis profesional tetap ada di rumah sakit. Bentuk perhatian lewat bingkisan kecil dan ucapan langsung membuat dirinya tersentuh dan menjadi proses penyembuhan secara batin.

Head of Departement Customer Relation Siloam Hospitals Lippo Village, R.U. Olivia mengatakan pihaknya menyiapkan 87 bingkisan bagi pasien inap, meski yang diopname ada sekitar 40-an pasien. Hal itu termasuk bila pada hari raya Idul Fitri besok Jumat (15/6) ada pasien rawat inap yang baru masuk.

"Hal ini berlaku di 33 rumah sakit Siloam Hospitals Group yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk pasien rawat jalan juga sudah kami berikan kemarin-kemarin. Sementara rumah sakit, khususnya bagian emergency tetap buka saat Lebaran, termasuk dokter-dokter spesialisnya," jelasnya.

Namun untuk rawat jalan, besok Jumat (15/6) masuk hari libur, dan akan dibuka lagi pada Lebaran kedua dan ketiga yakni Sabtu-Minggu (16-17/6), namun hanya setengah hari saja. Senin (18/6) sudah kembali normal buka seperti hari biasa.

CEO Siloam Hospitals Lippo Village, Jenifer Hendra, menjelaskan berbagi rasa peduli ternyata berdampak besar bagi seluruh pasien rawat inap yang masih terbaring sakit di bulan Ramadan hingga hari Raya Idulfitri. Selain berbagi buah kurma, hingga menjelang Ramadan, setiap unit rumah sakit Siloam turut menyediakan makanan berbuka bagi para keluarga pasien rawat inap.

"Kami ingin agar para pasien rawat inap merasa diperhatikan. Sentuhan kecil ini meski terlihat sederhana, namun diharapkan dapat berdampak pada peningkatan rasa sehat. Itulah tujuan kenapa kami membagi buah kurma bagi pasien rawat inap. Terlebih di saat penghujung bulan suci Ramadan ini. Agar pasien turut serta merasakan kebaikan berkah bulan Ramadan, " paparnya.

Menurut Jenifer, berbagi buah kurma merupakan bagian dari program Patient Centric Initiative Siloam Hospitals Group setiap tahunnya. Patient Centric Initiative merupakan bentuk kepedulian melalui kegiatan saling berbagi.

Sebelumnya Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group, Caroline Riady, mengatakan bahwa pada Ramadan 1439 Hijriah kali ini, kepedulian Siloam Hospitals Group akan keberkahan Ramadan bukan semata dilandasi adanya momentum namun kepedulian terhadap sesama umat memang sejak awal ditumbuhkan jaringan rumah sakit Siloam di seluruh Nusantara sejak awal didirikannya.

"Kepedulian, cinta kasih terutama dalam lingkup kesehatan merupakan visi Siloam Hospitals Group guna ikut membangun kesejahteraan masyarakat di setiap momentum perayaan, termasuk di dalamnya bulan suci Ramadan. Selain mengadakan santunan, kami pun ikut peduli dalam menyediakan makanan berbuka puasa bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa. Ini merupakan bentuk cinta kasih kami terhadap sesama," ungkap Caroline.

Hingga 2018, Siloam Hospitals Group telah mengoperasikan sebanyak 33 rumah sakit di berbagai pelosok negeri. Selain mengisi kegiatan Ramadhan melalui aksi sosial dan santunan, sejumlah unit rumah sakit Siloam hospital telah melayani program BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan dengan fasilitas lengkap berstandar internasional.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE