Asian Games 2018

Ini Evaluasi Polrestro Bekasi Kota soal Laga Sepakbola Perdana

Ini Evaluasi Polrestro Bekasi Kota soal Laga Sepakbola Perdana
Pendukung Timnas Laos memberikan semangat kepada pemain di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jumat, 10 Agustus 2018. ( Foto: Beritasatu Photo / Mikael Niman )
Mikael Niman / JAS Sabtu, 11 Agustus 2018 | 11:04 WIB

Bekasi - Polrestro Bekasi Kota telah telah melakukan evaluasi terkait sistem pengamanan Asian games 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, pada pertandingan perdana Jumat (10/8) kemarin.

Mengingat, pertandingan berikutnya pada Minggu (12/8) Timnas Merah Putih akan berlaga perdana menghadapi Chinese Taipei (Taiwan) pada pukul 19.00 WIB. Diperkirakan, puluhan ribu pendukung Pasukan Garuda bakal memadati Stadion Patriot Candrabhaga.

Selain pertandingan Timnas Indonesia melawan Taiwan, pada hari yang sama juga digelar pertandingan Timnas Palestina melawan Laos pada pukul 16.00 WIB.

"Setelah mempelajari dua pertandingan sepakbola di hari pertama (Jumat, 10/8), kami melakukan evaluasi beberapa hal," ujar Kapolrestro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto, Sabtu (11/8).

Pertama, pemindahan pintu‎ bagi penonton. Apabila terjadi antrean panjang saat memasuki pintu, dapat menyebabkan kemacetan di Jalan Ahmad Yani. "Kami akan ubah pintu masuk penonton di sekitar tempat parkir stadion, supaya penumpukan antrean penonton tidak ke jalan raya," tuturnya.

Kedua, kepolisian telah m‎elayangkan protes terhadap gerai yang menjual minuman botol yang berada di dalam stadion. Setelah penonton diperiksa petugas keamanan untuk meninggalkan barang bawaannya seperti korek api, rokok, botol minuman, serta barang berbahaya lainnya, penonton diperbolehkan masuk ke dalam stadion. Namun, di dalam stadion, setelah pintu pemeriksaan polisi, ada gerai yang menjual minuman dalam botol, salah satu sponsor resmi Asian Games 2018.

"Kami sudah bilang kepada panitia, kalau mereka tetap menjual minuman dalam botol, tempatnya di luar stadion, sebelum pintu pemeriksaan polisi. Jika tetap membuka gerai di dalam stadion setelah pemeriksaan, kami minta penjualnya langsung menuangkan ke dalam plastik sehingga pembeli tidak mendapat botolnya," katanya.

Ketiga, di sekitar pintu masuk VVIP masih digunakan sebagai tempat parkir mobil. "Ini tidak boleh. Pintu masuk VVIP harus steril dari parkiran mobil. Mobil harus diparkir di tempat lain, harus steril karena kemungkinan ada pejabat negara Asia yang meninjau atau menonton ke stadion," ungkapnya.

Kepolisian juga meminta panitia pelaksana Asian Games untuk memasang spanduk pemberitahuan terhadap barang-barang yang tak boleh dibawa ke dalam stadion. "Selain korek api, rokok, botol kemasan, senjata tajam, kembang api dan sebagainya. Kami juga mengimbau kepada penonton agar tidak membawa tas besar (ukuran 30 liter ke atas) ke dalam stadion. Penonton yang kedapatan membawa tas besar, tidak boleh masuk walaupun telah diperiksa isinya. Kami tidak menyediakan penitipan tas," imbuhnya.

Selain itu, kata Indarto, kepolisian akan memeriksa spanduk yang dibawa penonton. Di ujung spanduk tidak boleh ada kayu atau tongkat panjang. "Kami akan lihat tulisannya, kalau ada yang mengandung unsur SARA, politik atau penghinaan terhadap seseorang, tidak boleh," katanya.

Terhadap bawaan penonton seperti drum band, atau gendang yang akan dijadikan penyemangat pemain, masih diperbolehkan oleh kepolisian. "Semua penonton akan kami geledah secara manual maupun dengan mesin X-ray. Jika ada antrean hingga ke jalan raya, karena penonton membeludak, terpaksa akan kami tutup satu lajur di Jalan Ahmad Yani," ungkap Indarto.

"Ini akan menjadi plan B kami, sesuai kebutuhan. Nanti, pada Minggu (12/8) kami telah buka stadion sejak pukul 10.00 WIB agar penonton tidak menumpuk di satu waktu yang bersamaan," pungkasnya.

Polrestro Bekasi Kota mengerahkan personel sebanyak 1.600 polisi untuk pengamanan setiap pertandingan di Stadion Patriot Candrabhaga yang telah dimulai sejak Jumat (10/8) kemarin. Dalam pertandingan perdana kemarin, Timnas Laos dikalahkan Hong Kong dengan skor ‎akhir 1-3. Pertandingan berikutnya, pukul 19.00 WIB antara Timnas Palestina melawan Taiwan (Chinese Taipei) dengan kedudukan seri, 0-0.



Sumber: Suara Pembaruan