Ilustrasi pedagang cabai di pasar tradisional.

Jakarta - Sebanyak 203 pasar tradisional segera direvitalisasi pada tahun 2013 melalui program bantuan sosial Kementerian Koperasi dan UKM, kata Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Neddy Rafinaldi Halim.

"Kami siapkan bantuan kepada 203 pasar tradisional yang akan direvitalisasi," kata Neddy Rafinaldi Halim di Jakarta, Rabu (3/4).

Dia mengatakan bahwa pihaknya menyaratkan kepada setiap daerah yang ingin pasar tradisionalnya direvitalisasi agar menyiapkan lahan yang representatif untuk peruntukan pasar dan yang terpenting bebas sengketa.

Kementerian Koperasi dan UKM akan membantu pembangunan dan revitalisasi pasar tradisional yang diusulkan pemerintah daerah.

"Kita akan bantu masing-masing titik sekitar Rp900 juta," katanya.

Neddy menegaskan bahwa pasar yang telah direvitalisasi melalui anggaran kementeriannya itu harus dikelola oleh koperasi yang beranggotakan para pedagang pasar yang beroperasi di dalamnya.

Dari dana tersebut, ia memperkirakan daya tampung masing-masing pasar akan berkisar 80-100 pedagang pasar.

"Pasar ini akan sangat bermanfaat bagi kepentingan peningkatan daya saing pasar tradisional sekaligus memfasilitasi muncculnya produk masyarakat perdesaan yang berkualitas," katanya.

Ia juga berharap antara satu pasar tradisional dengan pasar tradisional yang lain bisa terhimpun dalam satu jaringan pemasaran yang kuat sehingga mampu membentuk jaringan pasar ritel yang menguntungkan bagi pedagang pasar dan pelaku UKM.

Penulis: /FER

Sumber:ANT