Tangerang - Mengawali program kunjungan ke berbagai kampus di kawasan Jabodetabek, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Kampus Universitas Pelita Harapan (UPH) di Lippo Karawaci, Tangerang.

Dalam kunjungannya, ia akan menyampaikan visinya bagi pemerintahan Jakarta dan Indonesia. Tema materi kuliah yang akan disampaikannya di hadapan mahasiswa dan siswa UPH adalah Jakarta Baru, Indonesia Baru.

Undangan ini diprakarsai UPH sebagai bentuk apresiasi kepada Jokowi, sebagai Gubernur DKI Jakarta. Yang telah memberikan harapan baru yang lebih baik bagi masyarakat Jakarta, termasuk warga Tangerang.

Rektor UPH, Jonathan L Parapak mengatakan, gaya kepemimpinan serta metode pendekatan Jokowi telah menjadi fokus perhatian yang menarik dan penting untuk pembelajaran bagi warga kampus.

"Sekitar 60 persen siswa dan mahasiwa UPH ber-KTP DKI Jakarta. Karena itu, banyak kerinduan para peserta didik di UPH untuk bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta. Supaya dapat belajar menjadi pemimpin yang jujur, memiliki komitmen tinggi, serta dekat dengan masyarakat," kata Jonathan saat membuka Kuliah Umum Terbuka bersama Gubernur DKI Jakarta di UPH, Lippo Karawaci, Tangerang, Kamis (11/4).

Diharapkan, lanjut dia, kuliah umum yang disampaikan Jokowi di hadapan siswa dan mahasiswa UPH tidak hanya dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Melainkan dapat memotivasi para mahasiswa, siswa, alumni serta seluruh peserta kuliah untuk membangun rasa nasionalisme dan memberikan semangat bagi generasi penerus untuk terlibat dalam pembangunan yang kreatif sesuai dengan pembelajaran masing-masing.

"Acara ini merupakan kesempatan yang luar biasa, karena mahasiswa dan siswa dapat belajar dari sosok pemimpin yang memiliki komitmen tinggi pada Jakarta Baru dan Indonesia Baru. Dengan demikian, dapat melahirkan pemimpin Jakarta dan Indonesia baru melalui kampus ini," paparnya.

Agenda utama kuliah umum dilangsungkan di lapangan basket, sport center UPH selama satu jam dalam format interaktif. Usai menyampaikan kuliahnya, Jokowi akan mengunjungi fasilitas yang ada di luar area utama UPH. Seperti kampus Fakultas Kedokteran dan Keperawatan UPH, Rumah Sakit Umum Siloam (RSUS) yang merupakan Teaching Hospital FK UPH dan pusat riset Mochtar Riady for Nanotechnology (MRN).

Penulis: Lenny Tristia Tambun