Kepala UKP4 Kuntoro Mangkusubroto dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

JAKARTA - Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengintegrasikan layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (LAPOR!).

Dengan integrasi layanan ini, setiap pengaduan penduduk Jakarta ke Pemprov DKI akan dapat dipantau secara nasional melalui situs web http:// lapor.ukp.go.id.

Kepala UKP4 Kuntoro Mangkusubroto menjelaskan keikutsertaan Pemprov DKI dalam sistem LAPOR! merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Langkah ini diharapkan bisa diikuti darah lain untuk mempererat koordinasi antarinstansi atau antara pusat-daerah.

"Dalam konteks daerah Pemprov DKI adalah pionir, karena ia yang pertama menggunakan LAPOR!. Sebentar yang mungkin menerapkan ini adalah Kodya Ambon dan Kabupaten Indragiri Hulu," ujar Kuntoro dalam acara MoU kerjasama pengelolaan informasi aspirasi dan pengaduan masyarakat melalui sistem online melalui sistem LAPOR! dikantornya, Jakarta, Kamis (18/4).

Menurut Kuntoro sistem pengaduan online merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan pemerintah untuk menampung aspirasi masyarakat mengenai berbagai hal secara cepat dengan memanfaatkan situs internet. Dengan sistem ini, masyarakat akan dapat langsung melakukan pengaduan melalui sms, website dan aplikasi di ponsel pintar (android dan blackberry).

Sistem LAPOR!, katanya, juga dapat dipergunakan pemerintah dalam menjaring aspirasi masyarakat, seperti uji publik kurikulum baru, aksi-aksi open government atau uji kebijakan lainnya. Dia mengklaim tingkat kepuasan para pelapor sangat tinggi sejak diluncurkan pada Juni 2012 lalu.

"Laporan akan ditampilkan disitus LAPOR! Maksimal dalam tiga hari. Ini penting agar kita bisa tahu apa yang dimaui rakyat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjelaskan sebenarnya Pemprov DKI juga telah menerapkan sistem laporan langsung dari masyarakat sejak awal Januari lalu baik melalui situs maupun langsung ke ponsel Gubernur atau Wagub. Kerjasama dengan UKP4 dalam sistem ini dinilai merupakan upaya mempermudah warga DKI untuk melaporkan kekurangan maupun kinerja para aparat pejabat Pemprov DKI.

Dia juga berharap ada semakin banyak laporan dari warga untuk memperbaiki kondisi lingkungan di ibukota.

"Simpel, karena banyak pintu masuknya. Warga pasti tertarik. LAPOR terbukti memudahkan kerja kami dalam menangani isi-isu primer di ibukota, seperti banjir, infrastruktur hingga kesehatan," pungkasnya. 

Penulis: WYU/FMB