Ilustrasi pohon tumbang

Jakarta - Hujan disertai angin kencang yang terjadi merata di empat wilayah Provinsi DKI Jakarta mengakibatkan sebanyak 23 pohon tumbang.

Puluhan pohon tumbang ini terjadi 10 lokasi yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

Berdasarkan rekapitulasi sementara yang berhasil dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD DKI Jakarta, inilah 10 lokasi pohon tumbang pada Kamis (25/4).

Di Jakarta Pusat, sebanyak tiga pohon tumbang terjadi di Jalan Cempaka Putih Raya. Jenis pohon yang tumbang adalah pohon Angsana dan Palem Raja. Akibat pohon tumbang ini, sempat mengganggu lalu lintas di sepanjang jalan tersebut.

Lalu pohon tumbang juga terjadi di Stasiun Kramat Sentiong. Satu pohon jenis Angsana tumbang dan menimpa satu rumah warga. Kemudian tiga pohon tumbang di Jalan Cempaka Putih Dalam. Pohon jenis Saga Palem Raja yang tumbang dengan diameter sekitar 25 hingga 30 centimeter (cm). Tidak hanya itu, satu pohon tanjung dengan diameter 40 cm juga tumbang di Jalan Tentara Pelajar.

Lokasi pohon tumbang di kawasan Jakarta Utara, terjadi di Jalan Bulevard, Kelapa Gading. Satu pohon Angsana dengan diameter 50 cm tumbang menimpa dua mobil yang sedang parkir di jalan tersebut.

Di Jakarta Selatan, satu pohon Dadap Merah dengan diameter 25 cm roboh di Jalan Prof Dr Satrio.

Jumlah pohon tumbang paling panyak terjadi di wilayah Jakarta Timur. Seperti di Terminal Cililitan ada satu pohon Angsana dengan diameter 40 cm roboh tertiup angin kencang dan menimpa tiga motor. Satu pohon Angsana juga tumbang di Jalan Letjen Sutoyo.

Selanjutnya sebanyak 10 pohon tumbang karena anging kencang di Jalan Perintis Kemerdekaan. Jenis pohon yang tumbang adalah satu pohon Angsana dengan diameter 50 cm, satu pohon Bintaro dengan diameter 15 cm, tiga pohon Mahoni dengan diameter 15-30 cm, tiga pohon Dadap Merah dengan diameter 15-30 cm, satu pohon Ketapang dengan diameter 30 cm dan satu pohon Akasia dengan diameter 40 cm.

"Kemudian hanya satu pohon Trembesi tumbang dengan diameter 20 cm di kawasan Taman Arion. Semua pohon tumbang tersebut sedang ditangani sudin pertamanan keempat wilayah tersebut," kata Bambang Suryaputra, Kabid Informasi dan Pengendalian BPBD DKI, Kamis (25/4).

Bambang juga mengimbau warga yang melihat ada pohon tumbang saat terjadi hujan disertai angin kencang, bisa melaporkannya ke Pusdalops BPBD DKI Call Center Siaga Bencana dengan menghubungi nomor 164.

Penulis: Lenny Tristia Tambun