Ganja yang disita kepolisian di Cipayung, Jakarta Timur.
Ilustrasi ganja
Sejumlah petugas kepolisian memperlihatkan barang bukti ganja saat gelar perkara di Polsek Metro Johar Baru, Jakarta Pusat

Jakarta - Dua pemuda pengangguran dibekuk petugas dari Unit III satuan Narkoba Polres Jakarta Timur lantaran kedapatan menjadi pengedar narkotika golongan I jenis ganja. Dari tangan kedua tersangka yang ditangkap pada Sabtu (18/5), petugas menyita barang bukti berupa ganja kering seberat sekitar 18 kg.

"Telah diamankan kedua tersangka pengedar ganja kering pada Sabtu, 18 Mei lalu. Dari kedua tersangka petugas berhasil mengamankan lebih dari 18 kg ganja kering," kata Kasubag Humas Polres Jakarta Timur, Kompol Didik Haryadi, saat ditemui di Mapolres Jakarta Timur, Senin (20/5).

Dikatakan Didik, yang diketahui bernama Muhamad Isa Azwar (19) dan Sofyan Rinaldi (19) diamankan di sebuah rumah di Jalan Kampung Bulak, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, namun dengan waktu yang berbeda.

"Muhamad Isa Azwar diamankan pada pukul 02.30 WIB dan di hari yang sama sekira pukul 10.00 WIB, petugas berhasil mengamankan tersangka lainnya bernama Sofyan Rinaldi," katanya.

Didik menjelaskan, dari tangan kedua pemuda pengangguran tersebut petugas berhasil mengamankan lebih dari 18 kilo ganja kering siap edar.

"Dari tangan tersangka Muhamad Isa Azwar petugas mendapati barang bukti 61 gram daun ganja sedangkan dari tangan Sofyan Rinaldi petugas mengamankan ganja seberat 18 kilogram," katanya.

Kedua tersangka kata Didik, saat ini masih diperiksa pihaknya untuk pengembangan kasus tersebut lebih lanjut. Keduanya terjerat Pasal 111 sub Pasal 114 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

Suara Pembaruan

Penulis: F-5/FER

Sumber:Suara Pembaruan