Ilustrasi seorang guru sedang memberikan pelajaran kepada murid-muridnya

Jakarta - Sebanyak 10 ribu siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan meramaikan kegiatan Lomba Baris Berbaris (LBB) SMA, Expo Pelajar dan Pentas Seni yang akan digelar di Monumen Nasional (Monas), pada hari Sabtu-Minggu (25-26/5).

Kepala Dinas Pendidikan Taufik Yudi Mulyanto mengatakan dalam dua Mei terdapat dua peringatan penting bagi bangsa Indonesia, yaitu Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei dan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei.

Tidak hanya itu, bagi pelajar bulan Mei merupakan puncak proses belajar dan kegiatan mereka di sekolah, yaitu mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional, Ujian Akhir Sekolah, kegiatan class meeting atau kegiatan pendidikan lainnya sebagai tanda memasuki akhir tahun ajaran.

“Untuk itu, Kami dari Dinas Pendidikan DKI bersama Yayasan Kibar Indonesia mengadakan kegiatan yang merupakan unjuk hasil pendidikan bagi pelajar-pelajar di Jakarta. Kegiatan ini rencananya bakal berlangsung selama dua hari,” kata Taufik di SMKN 27, Jakarta Pusat, Senin (20/5).

Dalam Expo Pelajar, lanjutnya, para pelajar akan menampilkan produk unggulan SMK DKI Jakarta yang merupakan hasil pengembangan teaching industri dan business center. Produk yang dihasilkan mulai dari offset dan digital printing, produk olahan ikan, batik, ukiran dan aneka kerajinan yang unik, hingga ke produk teknologi seperti TV LCD, laptop, mobil yang telah melewati uji emisi dan pesawat Jabiru untuk empat orang.

Masyarakat dapat menikmati produk unggulan SMK DKI Jakarta pada hari Sabtu (25/5) mulai pukul 09.00 hingga 17.00 dan Minggu (26/5) mulai pukul 07.00-16.00. Pesertanya dari 62 SMKN di seluruh wilayah DKI Jakarta, perguruan tinggi, BUMD/BUMN, TNI/Polri dan swasta.

“Untuk kegiatan Pentas Seni merupakan kegiatan kemampuan seni dari para pelajar DKI Jakarta. Kegiatan ini akan menunjukan selain pengetahuan dan teknologi, juga terbentuk karakter kemampuan seni. Kegiatan ini terlaksana bersamaan dengan Expo Pelajar Jakarta dengan peserta 70 grup seni SMA di Jakarta,” paparnya.

Taufik mengatakan kegiatan ini akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Bahkan Gubernur direncanakan akan mencoba ‘taxi way’ pesawat Jabiru yang merupakan produk unggulan SMK Negeri 29 dan mengendarai mobil yang telah melewati uji emisi.

Pembina Yayasan Kibar Indonesia Kris Budihardjo menerangkan tema dari kegiatan ini adalah ‘Ini Bulan Gue’. Artinya bulan Mei merupakan bulannya para pelajar SMA dan SMK yang telah melalui kegiatan pendidikan dengan baik.

“Disinilah, para pelajar SMA dan SMK dapat menunjukkan prestasinya dihadapan masyarakat. Karena selama ini, prestasi para pelajar tertutupi dengan berita kesalahan pelaksanan UN hingga tawuran pelajar. Kegiatan ini ingin membuktikan pelajar SMA dan SMK Jakarta telah berprestasi tinggi,” ujarnya.

Dalam lomba Baris Berbaris (LBB), papar Kris, akan diikuti 146 pleton pelajar putera dan 156 pleton pelajar putri. Satu pleton terdiri dari 30 anggota dengan satu orang komando. “LBB mengajarkan para pelajar untuk berdisplin dalam segala hal,” tukasnya.

 

Penulis: Lenny Tristia Tambun/FER