Ondel-ondel adalah bagian dari pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat, termasuk Jakarnaval 2013.

Jakarta - Keterlibatan anak-anak muda Jakarta yang menampilkan kekreatifannya dalam Jakarnaval 2013 menjadi salah satu perbedaan mencolok dalam acara yang digelar sebagai rangkaian HUT Jakarta ke-486 tersebut.

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), yang membedakan saat ini karena acara yang dibangun dari bawah dengan inovasi dan kekreatifan.

"Ini dibangun dari bawah, masyarakat terlibat, anak-anak terlibat, ada keaktifan di situ, kreativan dan inovasi. Bedanya itu," ujarnya di Balai Kota, Selasa (18/6).

Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan, perbedaan yang mencolok adalah proses karnaval tersebut, karena ada seminar dan workshop bagi para peserta. Selain itu, ada tema pula.

"Ondel-ondel ini tema pertama tahun ini. Tahun depan bisa gambang kromong, tahun depannya lagi tanjidor, macam-macam. Tematis jadi tidak membosankan," kata Jokowi.

Seperti diketahui, Jakarnaval 2013 akan melibatkan sebanyak 500 hingga 1.500 siswa untuk mengikuti karnaval bertema Keajaiban Ondel-Ondel. Karnaval tersebut akan digelar pada Minggu (30/6) mulai pukul 15.00-19.00 WIB.

Para siswa tersebut akan pawai mulai dari depan Balai Kota DKI Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan hingga Bundaran HI dengan mengenakan kostum ondel-ondel modern kreasi mereka sendiri.

Suara Pembaruan

Penulis: DMP

Sumber:Suara Pembaruan