Tiga Besar Pemenang Abang None 2013, Direktur Kartika Chandra dan Juri.

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan selamat atas prestasi yang diraih para finalis Abnon Jakarta 2013. Dia percaya, seluruh finalis telah diproses dengan berbagai tahapan yang cukup menantang serta membutuhkan kemampuan dan pengetahuan yang tinggi. Sehingga, pemenangnya merupakan pilihan yang terbaik dari yang terbaik.

Karena itu, Jokowi, sapaan akrabnya Gubernur DKI, akan menjadikan Abang dan None Jakarta 2013 sebagai agen pemasaran Kota Jakarta. Mereka akan menjadi duta dan marketer untuk mempromosikan kota Jakarta. Bukan hanya pariwisata dan kebudayaannya saja, tetapi juga seluruh potensi yang ada dan gaya hidup warganya, juga dipromosikan ke belahan dunia.

“Pokoknya tidak akan seperti dulu lagi, Abang dan None hanya mendampingi Gubernur dan Wakil Gubernur. Kita akan balik anggapan itu. Kita akan jadikan mereka marketer Jakarta. Sehingga pengetahuan Jakarta dan kepariwisataan Jakarta bisa diketahui daerah dan negara lain,” kata Jokowi usai penobatan Abang-None Jakarta 2013 di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (3/7).

Harapan besar bagi promosi pariwisata dan kebudayaan Jakarta terletak pada pundak Abang dan None Jakarta 2013 serta para peraih juara lainnya. Jokowi mengharapkan mereka bisa memasarkan produk-produk Jakarta dengan baik sehingga dapat meningkatkan roda pertumbuhan ekonomi Jakarta.

“Dalam pertemuan terakhir saya dengan mereka, saya kira mereka memiliki kemampuan pemasaran. Sehingga saat dikirim ke daerah atau negara lain, mereka dapat berbicara tentang Jakarta dengan baik. Memasarkan produk-produk yang dihasilkan Jakarta juga dengan baik,” ujarnya.

None Jakarta 2013 Delicia Gemma Syah dari Jakarta Utara menyatakan sangat bersyukur dapat meraih prestasi tersebut. Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjajaran ini siap mendukung keinginan Jokowi, yaitu menjadi agent pemasaran bagi Kota Jakarta.

“Alhamdullilah saya senang dan bangga diamanatkan sebagai None Jakarta 2013. Ini menjadi tanggung jawab saja untuk memasarkan Kota Jakarta lebih baik dan lebih mendunia. Memaparkan kebudayaan Betawi kepada banyak orang, yang mungkin orang lain belum tahu tentang Betawi,” kata perempuan kelahiran Jakarta, tanggal 8 November 1993.

Abang Jakarta 2013 Dio Aufa Handoyo menegaskan realisasi tugas pertama sebagai Abang dan None Jakarta yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini tergantung penugasan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta.

“Tapi yang jelas kami akan memasarkan Kota Jakarta seperti keinginan Pak Gubernur. Kami akan memasarkan Betawi yang menjadi tuan rumah kota Jakarta,” ujar mahasiswa jurusan Teknik Industri di Universitas Indonesia.

Selain mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Kota Jakarta, lanjut pria kelahiran 17 Agustus 1994 ini, Abang dan None Jakarta juga bertugas sebagai duta anti narkoba, duta monorel dan MRT Jakarta.

Penulis: Lenny Tristia Tambun