Peserta seleksi calon Camat mengerjakan soal-soal ketika tes seleksi lelang jabatan Camat dan Lurah tahap dua di gedung Transnational Crime Center (TNCC) Mabes Polri, Jakarta.

Jakarta - Anggota Komisi E (bidang Pendidikan) DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodho menyatakan, rencana lelang jabatan Kepala Sekolah (Kepsek) harus memiliki tujuan yang jelas. Lelang jabatan jangan hanya formalitas namun harus mampu menghasilkan Kepsek profesional dan melayani.

"Lelang jabatan Kepsek jangan sebatas formalitas saja, tapi dapat mencapai sasaran substansi fungsi. Ini harus menjadi perhatian penting," kata anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) itu.

Menurutnya, Kepsek tidak boleh hanya unggul dalam teori. Namun harus dapat memahami guru dan siswa di sekolahnya.

"Sebelum menerapkan lelang jabatan ini, sebaiknya Disdik memiliki tujuan yang jelas dalam memilih kepala sekolah itu. Lelang jabatan itu juga diharapkan jangan sampai membuat keresahan diantara sesama guru," katanya.

Sebagaimana diketahui, Disdik DKI segera menerapkan lelang jabatan Kepsek dan akan dilakukan secara terbuka bagi para guru yang ada di wilayah Jakarta. Lelang jabatan diharapkan mampu menghasilkan Kepsek yang memiliki jiwa leader di sekolah yang dipimpinnya.

Suara Pembaruan

Penulis: H-14/FER

Sumber:Suara Pembaruan