Kepala SKK MIgas Rudi Rubiandini mudik dengan KA Ekonomi

Jakarta - Siapa sangka pejabat tertinggi di Satuan Kerja Khusus pelaksana kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi (SKK Migas) pulang ke kampung halamannya menggunakan kereta kelas ekonomi?

Padahal, lembaga negara ini mengelola industri migas yang menghasilkan tidak kurang dari Rp 300 triliun untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Ya, pejabat itu ialah Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini yang hari ini pulang ke Tasikmalaya mengunjungi ibu serta keluarganya. Dia menumpang kereta api Pasundan dengan keberangkatan pukul 19.28 WIB.

"Sekarang transportasi kereta sudah sangat nyaman walaupun kelas ekonomi," kata Rudi di Jakarta, Sabtu (3/8).

Rudi menerangkan, moda transportasi kereta merupakan solusi menghindari kemacetan yang kerap terjadi di musim Lebaran. Menurutnya kereta kelas ekonomi sudah cukup nyaman dengan fasilitas pendingan ruangan atau AC.

Dia menyebut, perubahan pelayanan kereta api berubah sejak Dahlan Iskan menjabat sebagai Menteri BUMN.

"Setiap penumpang harus menunjukkan identitas dan menduduki kursi sesuai dengan tiketnya, sehingga tidak ada rebutan kursi lagi," ujarnya.

Ternyata, kebiasaan mudik menggunakan KA bukan kali pertama dilakoninya. Rudi mengaku tradisi ini sudah dijalani sejak menjabat sebagai Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada 2012.

Penulis: Rangga Prakoso/YS