Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo

Jakarta - Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriyah, Pemprov DKI Jakarta bersama Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemag RI) akan menggelar "Night Religius Festival" pada 15 Oktober mendatang.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), acara tersebut akan digelar tidak jauh berbeda dengan festival yang sebelumnya telah dilaksanakan, seperti "Jakarta Night Festival", "Malam Muda Mudi", dan "Jakarnaval", yakni dengan menutup jalan dari jalan M.H. Thamrin hingga Monas.

"'Night Religius Festival' dengan menutup jalan M. H. Thamrin sampai Monas. Kita takbiran, syiar, nanti ada 20 panggung," kata Jokowi di Balai Kota, Senin (23/9).

Dikatakan Jokowi, selain diselenggarakan bersamaan dengan malam takbiran hari raya Idul Adha, 1434 H, pelaksanaan acara yang direncanakan akan menampilkan parade 1.000 bedug itu pun bertujuan untuk menunjukkan Jakarta sebagai kota yang religius.

"Kita ingin tunjukkan bahwa Jakarta adalah kota yang religius, yang Islami, kira-kira itu," terangnya.

Jokowi juga menyebutkan jika acara tersebut gratis untuk seluruh warga Jakarta, sama seperti acara serupa yang pernah dilaksanakan. Pelaksanaannya sendiri dibawahi oleh Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental).

"Ini bukan pesta, tapi ini syiar sehingga nanti yang hadir akan ada Kyai Kanjeng," kata Jokowi.

Suara Pembaruan

Penulis: D-14/NAD

Sumber:Suara Pembaruan